Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Populasi Sapi Bali di Desa Bulo Wattang Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang

Main Article Content

Nurul Azizah
Angga Nugraha
Armayani

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengatahui faktor-faktor yang mempengaruhi populasi ternak Sapi Bali di Desa Bulo Wattang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis regresi linier berganda adalah regresi linier umtuk menganalisis besarnya hubungan dan pengaruh variable independen yang jumlahnya lebih dari dua. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa factor-faktor yang mempengaruhi populasi ternak Sapi Bali di Desa Bulo Wattang Kecamatam Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang adalah factor pengalaman beternak. Sedangan factor mortalitas pedet, sistem pemeliharaan tidak mempengaruhi populasi ternak Sapi Bali di Desa Bulo Wattang Kecamatam Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang. Usaha pemeliharaan ternak sapi pencaharian bagi masyarakat di pedesaan.

Article Details

How to Cite
Azizah, N., Nugraha, A., & Armayani. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Populasi Sapi Bali di Desa Bulo Wattang Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Sains Peternakan, 11(2), 86–92. https://doi.org/10.21067/jsp.v11i2.9011
Section
Articles

References

Achadri, Y, C J B Sendow, dan S Ratnawaty. (2019). Manajemen Pemeliharaan untuk Menurunkan Tingkat Mortalitas Pedet Sapi Bali. Prosiding Seminar nasional Teknologi peternakan dan veteriner, 269–76.

Agung, I Gusti, dan Oka Hendrawati. (2018). Curahan Tenaga Kerja Peternak Sapi Bali Sebagai Usaha Sampingan Dan Dampaknya Terhadap Pendapatan Keluarga Di Kecamatan Penebel , Kabupaten Tabanan. dwijenAGRO. 8(1), 175–84.

Budiarto.A, L. Hakim, Suyadi, V. M. Ani Nurgiartiningsih dan G. Ciptadi. (2013). Natural Increase Sapi Bali di Wilayah Instalasi Populasi Dasar Propinsi Bali. Jurnal ternaktropika 14(2), 46–52.

Danopoyo, C. M., Rorimpandey, B., & Elly, F. H. (2021). Analisis pendapatan peternak sapi di Desa Saleo Kecamatan Bolangitang Timur Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Zootec 42(1), 15

Darmawi, D. (2011). Pendapatan Usaha Pemeliharaan Sapi Bali Di Kabupaten Muaro Jambi.” Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Peternakan Universitas Jambi XIV(1), 14–22.

Halim, Setiawan. (2017). Pengaruh Karakteristik Peternakan terhadap Motivasi Beternak Sapi Potong di Kelurahan Bangkala Kecamatan Maiwa. BMC Public Health 5(1), 1–8.

Kurniawan, M, E, R Razak, N, A Saputra, dan S Amin. (2012). Pengaruh Lama Beternak Dan Banyaknya Ternak Terhadap Pendapatan Peternak Sapi Potong Di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Semnas Persepsi Iii Manado, 193–97.

Meta, Arkidius. 2018. Analisis Tingkat Mortalitas Sapi Bali pada Pemeliharaan Tradisional di Kecamatan Nanaet Dubesi Kabupaten Belu. Jas 3(3), 43–46.

Munadi, L. O. M., Hidayat, Sahaba. L. O., & Inal. (2021). Pola dan Sistem Pemeliharaan Ternak Sapi Bali di Kabupaten Muna. Jurnal Ilmiah Penyuluhan dan Pengembangan Masyarakat 1(2), 83.

Sa’adah, Lailatus, Linda Martadani, dan Ahmad Taqiyuddin. (2021). Analisis Perbedaan Kinerja Karyawan Pada Pt Surya Indah Food Multirasa Jombang. Jurnal Inovasi Penelitian 2(2), 515.

Sapta, Andaruisworo. (2022). Karakteristik Peternak Sapi Potong di Kecamatan Badas Kabupaten Kediri Pasca Pandemi. Seminar Nasional Sains, Kesehatan, dan Pembelajaran, 17–27.