Penerapan Enterprise Architecture Planning Pada Sistem Pemeliharaan Berbasis Pengelolaan Pengetahuan Di PT. CocaCola Bottling Indonesia

Wiwin Kuswinardi

Abstract

Abstrak – Pemanfaatan teknologi informasi pada suatu perusahaan manufaktur merupakan salah satu upaya efisiensi sumber daya yang mengarah pada pencapaian tujuan. Berkaitan dengan hal tersebut di atas, maka pengembangan sistem teknologi informasi harus bisa mendukung strategi enterprise dan memiliki landasan yang relatif kokoh dan stabil. Kerangka kerja yang memiliki keterkaitan erat dengan strategi enterprise adalah peta strategi (Strategy Map). Dari peta strategi ini akan diidentifikasi modal informasi (Information Capital) yang terdiri dari aplikasi dan infrastruktur teknologi informasi. Modal informasi ini akan menjadi dasar portofolio aplikasi. Enterprise architecture planning yang merupakan pendefinisian dua lapisan teratas dan tiga kolom pertama pada kerangka kerja Zachman yang terdiri dari data, proses dan teknologi, digunakan sebagai landasan pengembangan pengelolaan pengetahuan (knowledge management) sistem maintenance. Dengan pendefinisian pada tiga komponen tersebut diharapkan bisa menjadi landasan yang stabil bagi pengembangan sistem pengelolaan pengetahuan. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah tersedianya peta strategi dan perencanaan arsitektur enterprise sebagai strategi pengembangan pengelolaan pengetahuan sistem maintenance & engineering pada industri manufaktur minuman ringan yang selaras dengan strategi enterprise dan mempunyai landasan yang relatif kokoh dan stabil.

Kata Kunci — sistem pemeliharaan, pengelolaan pengetahuan, enterprise architecture planning

References

[1] Boar, Bernard H., (1999), Constructing Blueprints for Enterprise IT Architectures, John Wiley & Sons, New York.
[2] Cook, Melissa A., (1996), Building Enterprise Information Architectures (Reengineering Information Systems), Prentice-Hall, New Jersey.
[3] Fairchild, Alea, (2004), “A View on Knowledge Management: Utilizing a Balanced Scorecard Methodology for Analyzing Knowledge Metrics.”, Idea Group Research, London.
[4] IT Governance Institute (2015), Governance of the Extended Enterprise, John Wiley & Sons, New York.
[5] Kaplan, Robert S., Norton, David P., (2012), Balanced Scorecard (Translating Strategy Into Action), 5TH EDITION , Harvard Business School Press.
[6] Kaplan, Robert S., Norton, David P., (2014), Strategy Maps (Converting Intangible Assets Into Intangible Outcomes), Harvard Business School Press.
[7] Lankhorst, Marc, (2005), Enterprise Architecture at Work : Modeling, Communication and Analysis, Springer-Verlag Berlin, Germany
[8] Maizlish, Bryan, (2014), IT Portfolio Management Step by Step : Unlocking the Business Value of Technology, John Wiley & Sons, New Jersey
[9] McGovern, James, (2013), A Practical Guide to Enterprise Architecture, Prentice Hall, New Jersey.
[10] Nair, Mohan,(2012), Essentials of Balanced Scorecard, John Wiley & Sons, New Jersey.
[11] Spewak, Steven H., Hill, Steven C., (2012), Enterprise Architecture Planning: Developing a Blueprint for Data, Applications and Technology, John Wiley & Sons, New York.
[12] Van Grembergen, W., & Van Bruggen, R. (1997). “Measuring And Improving Corporate Information Technology Through The Balanced Scorecard Technique.”, Proceedings of the Fourth European Conference On The Evaluation Of Information Technology, Deflt.
[13] Ward, John, Peppard, Joe, (2002), Strategic Planning for Information Systems, 3rd Edition, John Wiley & Sons, West Sussex.
[14] Wantah, Fajar, Surendro, Kridanto, (2006), “Perencanaan Arsitektur Enterprise untuk Strategi Pengelolaan Pengembangan Sistem Informasi (Studi Kasus: PT. Medco Methanol Bunyu)”, Thesis, Institut Teknologi Bandung.
[15] Zachman, John A., (1987), A Framework for Information Systems Architecture, IBM Systems Journal.
[16] Coca Cola Knowledge Base System

Authors

Wiwin Kuswinardi
wkuswinardi@gmail.com (Primary Contact)
Author Biography

Wiwin Kuswinardi, Universitas Kanjuruhan Malang

Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Sains & Teknologi
[1]
W. Kuswinardi, “Penerapan Enterprise Architecture Planning Pada Sistem Pemeliharaan Berbasis Pengelolaan Pengetahuan Di PT. CocaCola Bottling Indonesia”, SMARTICS, vol. 2, no. 1, pp. 25–29, Apr. 2016.

Article Details