Implementasi Sistem Konfirmasi Pembayaran Pinjaman pada Koperasi Simpan Pinjam Berbasis Android

Eka Adhitya Dharmawan

Abstract

Koperasi simpan pinjam adalah merupakan koperasi yang meningkatkan kesejahteraan anggotanya dengan kegiatan kredit berbunga rendah. Namum ada kalannya terdapat kendala-kendala yang terjadi terlebih dalam proses penagihan dan pembayaran. Salah satunya adalah kerap terdapat kecurangan yang dilakukan oleh petugas penagihan yang berasal dari koperasi itu sendiri. Permasalahan manajemen penagihan dan konfirmasi dapat diatasi dengan membuat suatu sistem yang membantu proses verifikasi pembayaran yang menjembatani anggota yang melakukan peminjaman dengan data peminjam yang terdapat di pusat penyimpanan data anggota. Dalam hal ini keberadaan android sebagai perangkat mobile yang relatif mudah dan terjangkau dapat dimanfaatkan sebagai platform sistem. Melalui proses enkripsi “tanggal lahir + 4 digit di belakang ktp†dapat menjadi pin yang akan dipakai untuk melakukan konfirmasi pembayaran. Aplikasi Konfirmasi Pembayaran dapat membantu pengelola koperasi dalam mengatasi masalah manajemen penagihan, karena selain dapat membantu mempermudah pengerjaan penagihan, mengatasi human error serta aplikasi dimaksud juga dapat meminimalisir terjadinya kecurangan baik dari pihak yang memiliki hutang maupun pihak kurir sebagai penanggung jawab penagihan.

References

Adelheid A., dan Aqilha S., 2012. Manual Book of Android. Jogjakarta: Litera Media Creativa. ISBN: 978602-18836-4-8
Arek Indo, 2016, Pengertian Konfirmasi dan Diskonfirmasi https://arekindo.blogspot.co.id/2014/06/pengertiankonfirmasi-dan-diskonfirmasi.html Diakses pada tanggal 15 Oktober 2017
Rahardjo B. 1999. Keamanan Sistem Informasi Berbasis Internet. PT Insan Komunikasi. Bandung.
Budiarto, 2001, Press Tool 1, Politeknik Manufaktur Bandung, Bandung.
Griffin, Ricky. E. 1999. Management. Edisi kelima, New Jersey.
Fathansyah, Ir. 1999. Basis Data. Penerbit Informatika. Bandung.
Latifah, N.P. 2006. Akuntansi Untuk Koperasi Simpan Pinjam atau Unit Simpan Pinjam (Accounting for load save cooperation or loan save unit), Jurnal Fokus Ekonomi, Vol. 1 No. 1 Juni 2006: 63,80.
Suyanto, dan Nurhadi, 2003, IPS Ekonomi, Penerbit Erlangga, Yogyakarta.
Wicaksono, Adi. 2002. Dasar-dasar Pemrograman Java 2. Elex Media Kompuntindo. Jakarta.

Authors

Eka Adhitya Dharmawan
eadpolnam@gmail.com (Primary Contact)
Author Biography

Eka Adhitya Dharmawan, Politeknik Negeri Ambon

Jurusan Teknik Elektro Prodi Teknik Informatika
[1]
E. A. Dharmawan, “Implementasi Sistem Konfirmasi Pembayaran Pinjaman pada Koperasi Simpan Pinjam Berbasis Android”, SMARTICS, vol. 4, no. 1, pp. 23–27, Apr. 2018.

Article Details