Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lahan Pertanian, Pertambangan, Dan Perindustrian (Softplet) Dengan Menggunakan Metode Smarter

Amak Yunus, Achmad Cholirul Rohman

Abstract

Kota Malang masih mempunyai lahan yang kosong dan tidak terawat padahal lahan tersebut ketika di manfaatkan dan dikelolah dengan baik bisa membantu perekonomian penduduk di daerah sekitar yang masih belum stabil semakin banyaknya lahan pertanian, pertambangan, dan perindustrian maka ekonomi dan lapangan kerja juga akan semakin banyak sehingga bisa mengurangi angka pengangguran dan tindak kriminal yang ada di kota malang karena masalah perekonomian oleh itu pula penulis membuat sebuah Sistem Pendukung Keputusan  penentuan lahan pertanian, pertambangan, dan perindustrian (softplet) dengan metode smarter di kota malang yang dapat membantu pemanfaatan lahan kosong dan tidak terawat.


Dalam pengembangan sistem informasi penentuan letak lahan pertanian, pertambangan, dan perindustrian ini penulis menggunakan bahasa pemrograman WEB dan MySQL 5.0 sebagai database servernya. Untuk perancangannya menggunakan metode terstruktur yang menggunakan UML sebagai alat bantu untuk merancang aplikasi pengembangan Sistem Pendukung Keputusan  penentuan lahan pertanian, pertambangan, dan perindustrian dengan metode smarter (softplet) di kota malang.


Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan  penentuan lahan pertanian, pertambangan, dan perindustrian diharap bisa membantu pengolahan dan pemanfaatan lahan kosong yang tidak terpakai sebagai lahan pekerjaan serta meminimalisir tingkat pengangguran dan tindak kriminal karena masalah perekonomian.


 

Authors

Amak Yunus
amakyunus@unikama.ac.id (Primary Contact)
Achmad Cholirul Rohman
[1]
A. Yunus and A. C. Rohman, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lahan Pertanian, Pertambangan, Dan Perindustrian (Softplet) Dengan Menggunakan Metode Smarter”, SMARTICS, vol. 4, no. 1, pp. 5–10, Sep. 2018.

Article Details