Deteksi Plagiarisme pada Dokumen Jurnal Menggunakan Metode Cosine Similarity

Rito Putriwana Pratama, Muhammad Faisal, Ajib Hanani

Abstract

Plagiarisme merupakan tindakan mengambil gagasan, mengambil hasil riset, mengakuisisi hasil riset, dan meringkas suatu tulisan tanpa menyebutkan sumbernya. Metode cosine similarity merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk menghitung nilai kemiripan antar dokumen. Tahapan yang dilakukan sistem untuk menghasilkan nilai kemiripan antar dokumen yaitu dengan membandingkan dokumen jurnal yang di upload dengan dokumen repository yang diperoleh dari hasil grabbing data DOAJ dan tersimpan di database. Dalam perhitungan metode yang dilakukan akan diperoleh presentase nilai kemiripan antar dokumen. Setelah itu akan dihitung kembali untuk mencari nilai kemiripan dokumen jurnal antar publisher yang ada di dokumen repository. Berdasarkan skenario uji coba yang dilakukan dengan menghitung jumlah dokumen relevan terambil dibagi dengan jumlah dokumen yang ada dalam database kemudian dikali 100%, maka diperoleh nilai recall pada Aplikasi Deteksi Plagiarisme Menggunakan Metode Cosine Similarity yaitu 13%. Sedangkan untuk memperoleh nilai precision dilakukan skenario pengujian dengan menghitung jumlah dokumen relevan terambil dibagi dengan jumlah dokumen relevan dalam pencarian kemudian dikali 100% diperoleh hasil 8%.

References

[1] Firdaus, Hari Bagus. 2003. “Algoritma Rabin-Karp.” Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi III No. 2: 1–5.
[2] Zuliarso, Eri. 2010. “Aplikasi Web Crawler Berdasarkan Breadth First Search Dan Back-Link.” Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Stikubank Semarang XV(1): 52–56.
[3] Sugiyamta. 2015. “Sistem Deteksi Kemiripan Dokumen Dengan Algoritma Cosine Similarity Dan Single Pass Clustering.” Dinamika Informatika 7(2): 7.
[4] Nurdiana, Ogie, Jumadi, and Dian Nursantika. 2016. “Perbandingan Metode Cosine Similarity Dengan Metode Jaccard Similarity Pada Aplikasi Pencarian Terjemah Al-Qur‟an Dalam Bahasa Indonesia.” Jurnal Online Informatika (JOIN) 1(1):59–63.
[5] Santoso, Hari. 2015. “Pencegahan Dan Penaggulangan Plagiarisme Dalam Penulisan Karya Ilmiah Di Lingkungan Perpustakaan Perguruan Tinggi Oleh : Drs. Hari Santoso, S.Sos. 1.” Perpustakaan UM Malang (1): 1–23.
[6] Kumar, Manish, Ankit Bindal, Robin Gautam, and Rajesh Bhatia. 2018. “Keyword Query Based Focused Web Crawler.” Procedia Computer Science 125: 584–90. http://linkinghub.elsevier.com/retrieve/pii/S1877050917328399.
[7] Rungsawang, Arnon, and Niran Angkawattanawit. 2005. “Learnable Topic-Specific Web Crawler.” Journal of Network and Computer Applications 28(2): 97–114.
[8] Pahlevi, Irfan, Moch Arief Bijaksana, and M Ir Tech. “Perhitungan Kemiripan Dokumen Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Cosine Similarity ( Studi Kasus : Abstrak Tugas Akhir Fakultas Informatika Universitas Telkom ).”

Authors

Rito Putriwana Pratama
ritoputri25@gmail.com (Primary Contact)
Muhammad Faisal
Ajib Hanani
[1]
R. P. Pratama, M. Faisal, and A. Hanani, “Deteksi Plagiarisme pada Dokumen Jurnal Menggunakan Metode Cosine Similarity”, SMARTICS, vol. 5, no. 1, pp. 22–26, Apr. 2019.

Article Details