Sistem Informasi Pemilihan Perumahan Terbaik

Anggri Sartika Wiguna, Wahyudi Harianto

Abstract

Peningkatan kepadatan penduduk saat ini yang tinggi mendorong akan kebutuhan tempat tinggal yang semakin besar dimanfaatkan oleh developer perumahan dalam mempromosikan perumahannya. Banyaknya pilihan perumahan yang ditawarkan menyebabkan konsumen perlu memilih rumah yang sesuai dengan kriterianya. Dengan sedikitnya informasi yang didapat konsumen sering mengalami penyesalan karena rumah yang sudah dipilih memiliki harga yang lebih mahal dibanding rumah yang berada didekatnya. Aplikasi ini dibangun menggunakan metode case-based reasoning (CBR) dan algoritma Euclidean distance. Metode ini mendapatkan solusi melalui kasus-kasus yang sebelumnya ada dan melakukan perhitungan kemiripan antar kasus. Kriteria-kriteria yang diinginkan pengguna seperti harga, luas tanah, luas bangunan, jumlah kamar tidur, jumlah kamar mandi dan jumlah lantai menjadi adjustment feature. Descriptive feature meliputi lokasi kecamatan, fasilitas, akses jalan, kondisi jalan dan freedesign. Keluaran yang dihasilkan berupa rangking informasi rumah yang diurutkan berdasarkan nilai kecocokan yang paling tinggi dan ditambah dengan tampilan rumah dan keterangan rumah. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah aplikasi sistem pendukung keputusan pemilihan perumahanyang dapat memberikan informasi yang lebih lengkap secara efektif dalam memilih rumah di Kotamadya Malang yang sesuai dengan kriteria yang diinputkan.

References

Aamodt, E. Plaza, Case-Based Reasoning: Foundational Issues, Methodological Variations, and System Approaches, AI Communications. IOS Press, Vol. 7: 1, pp. 39-59, 1994.
Abdul Kadir, Pemrograman Web mencakup: HTML, CSS, Javascript & PHP, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2003.
Adriana S.A, Penalaran Komputer Berbasis Kasus, Ardana Media, Yogyakarta, 2008.
BPS (Badan Pusat Statistik) Jawa Timur (2013), Jawa Timur Dalam Angka 2013, Katalog BPS: 1102001.5102.
Chen, Daqing and Burrell, Philip. 2001. Case-Based Reasoning System and Artificial Neural Networks: A Review. Neural Comput & Applic (2001)10:264–276.
Emha Taufiq, Penerapan Case Based Reasoning Dalam Mendukung Penyelesaian Kasus, Tugas Sarjana, STMIK AMIKOM Yogyakarta, 2010.
Klaus-Dieter Althoff & Alexandre Hanft, Advances in Case-Based Reasoning, Hildesheim, Germany, 2008.
McLeod, Jr,Raymond. 1995. Sistem Informasi Manajemen, Studi Sistem Berbasis Komputer. Edisi Bahasa Indonesia. Penerbit PT prenhalindo. Jakarta.
Mulyana, Sri dan Hartati, Sri. 2009. Tinjauan Singkat Perkembangan Case–Based Reasoning. Seminar Nasional Informatika 2009 (semnasIF 2009). ISSN: 1979-2328
Navarrete, Pablo and Ruiz-del-Solar, Javier. 2000. Analysis And Comparison Of Eigenspace-Based Face Recognition Approaches, Department of Electrical Engineering Universidad de Chile.

Authors

Anggri Sartika Wiguna
anggrisartikawiguna@unikama.ac.id (Primary Contact)
Wahyudi Harianto
[1]
A. S. Wiguna and W. Harianto, “Sistem Informasi Pemilihan Perumahan Terbaik”, SMARTICS, vol. 4, no. 2, pp. 49–51, Oct. 2018.

Article Details

Most read articles by the same author(s)