Aplikasi Sistem Pakar Menggunakan Metode Backward Chaining Untuk Analisis Penyakit Hewan Ternak

Alexius Endy Budianto

Abstract

 

Abstrak - Sistem pakar umumnya sebagai sistem yang menyerap pengetahuan manusia ke komputer. Dimana sebuah komputer dapat menyelesaikan suatu permasalahan yang sebagaimana para ahli melakukannya. Penyakit adalah virus ataupun serangga yang mampu menyerang suatu makhluk hidup,salah satunya adalah hewan ternak sapi. Sehingga hewan sapi mengalami gangguan dan juga dapat mengalami kematian. 

                Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah mengumpulkan data –data dan informasi melalui wawancara pada para peternak hewan sapi yang terdapat pada desa Jabung Malang, dan dari buku referensi. Hasil penelitian pengumpulan data ini disebut Sistem pakar yang sebagai sarana media informasi yang mampu mendiagnosa penyakit yang terjadi pada hewan sapi dan dapat mempermudah para peternak atau user dalam mengenali suatu penyakit hewan sapi berdasarkan diagnosa.

 

Kata Kunci: Sistem pakar, penyakit hewansapi

Authors

Alexius Endy Budianto
sainsauthor@unikama.ac.id (Primary Contact)
[1]
A. E. Budianto, “Aplikasi Sistem Pakar Menggunakan Metode Backward Chaining Untuk Analisis Penyakit Hewan Ternak”, SMARTICS, vol. 1, no. 1, pp. 33–35, Oct. 2015.

Article Details