Penerapan Model Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
Abstract
Abstrac: The aims of this study were (1) to apply the Think Talk Write learning model to improve mathematics learning outcomes for class VIII students at SMP PGRI 2 Lawang Malang, (2) to determine the response of class VIII students at SMP PGRI 2 Lawang Malang towards the application of the Think Talk Write learning model. . This research is a qualitative research with the type of classroom action research (CAR). The subjects in this study were class VIII students of SMP PGRI 2 Lawang Malang for the 2019/2020 academic year, totaling 25 students. Data collection techniques used are observation, tests, interviews and field notes. Data analysis used qualitative analysis. The results of this study indicate that (1) the percentage of students' learning mastery classically increased from 72% of students in the value of action I to 92% in action II of a total of 75 students or more, (2) students gave a very positive response in learning mathematics by using the Think Talk Write learning model. Thus, the Think Talk Write learning model can improve the mathematics learning outcomes of eighth grade students of SMP PGRI 2 Lawang Malang.
Keywords: Think Talk Write Learning Model, Mathematics Learning Outcomes
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menerapkan model pembelajaran Think Talk Write untuk dapat meningkatkan hasil belajara matematika siswa kelas VIII SMP PGRI 2 Lawang Malang, (2) untuk mengetahui respon siswa kelas VIII SMP PGRI 2 Lawang Malang terhadap penerapan model pembelajaran Think Talk Write. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP PGRI 2 Lawang Malang tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 25 orang siswa. Teknik observasi, tes, wawancara dan catatan lapangan adalah teknik pengumpulan data yang digunakan. Analisis kualitatif yang digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat dari 72% siswa pada nilai tindakan I menjadi 92% pada tindakan II dari total seluruh siswa 75 atau lebih, (2) respon yang sangat positif dari siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write. Dengan demikian model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkat hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP PGRI 2 Lawang Malang.
Kata Kunci: Pembelajaran Model Think Talk Write (TTW), Hasil Belajar Matematika
References
Al-Tabani & Trianto, I.B. (2018). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana.
Amelia, D., Susanto, S., & Fatahillah, A. (2018). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Himpunan Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Kelas VII-A di SMPN 14 Jember. Jurnal Edukasi, 2(1). https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i1.3402
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian:Buku sumber Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astawan, I. K. S. (2021). Penerapan Model Pembelajara cooperative Tipe Think Talk Write (TTW) dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Negeri 4 Seraya Barat. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 445-460.
Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT RinekaCipta.
Farida, L. A., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2021). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA. SIGMA, 7(1). https://doi.org/10.36513/sigma.v7i1.1209
Gagne. 2009. Kondisi Belajar dan Teori Pembelajaran. (terjemah Munandir). PAU Dirjen Dikti Depdikbud. Jakarta.
Hamalik, O. 2007. Dasar-dasar pengembangan kurikulum.Bandung: Buku sumber PT. Remaja Rosdakarya.
Hernaeny, U., & Alfin, E. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Elaborasi terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Motivasi Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3). https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.644
Husnidar, H., & Hayati, R. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SPLDV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 3(1), 23-29.
Liberna, H. (2018). Hubungan Gaya Belajar Visual dan Kecemasan Diri Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 41 Jakarta. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1). https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.988
Maulina, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di Kelas IV Min Bungcala aceh Barat. Skripsi. Banda Aceh: Fakultas Terbiah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Ar-raniry Darusalam
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.
Muslich & Masnur. 2009. Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Itu Mudah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Rizal, M. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) terhadap Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas Iv Sdm 020 Kuok. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.37
Rohmah, S. N. (2021). Strategi Pembelajaran Matematika. UAD PRESS.
Shoimin. 2017. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA
Slameto. 2010. Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Renika Cipta.
Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.
Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suendarti, M., & Liberna, H. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Perbandingan Trigonometri Pada Siswa SMA. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2). https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4917
Trianto. 2017. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif,Progesif,dan Kontekstual.
Surbaya:Prenadamedia
Winataputra, Udin S. dkk. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Yadika, A. D. N., Berawi, K. N., & Nasution, S. H. (2019). Pengaruh Stunting terhadap Perkembangan Kognitif dan Prestasi Belajar. In Jurnal Majority (Vol. 8, Issue 2)
Authors
Copyright (c) 2022 RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi