Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Fisika Melalui Discovery Learning - Berdiferensiasi di Era Kurikulum Merdeka

Daniar Etikamurni, Anik Istyowati, Hena Dian Ayu

Abstract

Kurikulum merdeka menawarkan berbagai macam sisi positif baik dari sisi guru dan sisi peserta didik, yaitu (1) peserta didik dan guru dapat memilih materi yang esensial dalam pembelajaran, (2) peserta didik diberikan kebebasan dalam belajar sesuai dengan karakteristik mereka, (3) guru dibebaskan dalam menggunakan model pembelajaran sesuai dengan karakteristik materi dan tingkat kemampuan peserta didik. Sayangnya, beberapa permasalahan muncul  dari sisi siwa dan sisi guru. Permasalahan tersebut antara lain (1) rendahnya motivasi belajar peserta didik , (2) peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran, (3) peserta didik kurang mampu untuk belajar secara mandiri (4) peserta didik terlihat bosan selama pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik  melalui model pembelajaran discovery learning-berdiferensiasi. Penelitian ini dilakukan pada kelas X di salah satu SMAN Kota Malang dengan jumlah peserta didik sebanyak 35 anak. Metode pemilihan sample dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sementara itu untuk teknik analisis data menggunakan distribusi frekuensi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket, observasi dan wawancara tidak terstruktur. Berdasarkan data yang diperoleh, terjadi peningkatan motivasi belajar pada peserta didik setalah dilakukan model pembelajaran discovery learning-berdiferensiasi. Selain peningkatan motivasi belajar, hasil observasi menunjukkan peserta didik aktif dalam pembelajaran, kemampuan kolaborasi meningkat, mampu belajar secara mandiri dan bersemangat ketika mengikuti pembelajaran fisika 

References

Amiruddin, Simanjuntak, R., Meliala, H. P., Tarigan, N., & Ketaren, A. (2022). Perbandingan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 5487–5492.
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.591
Bakri, F., Muliyati, D., & Nurazizah, I. (2018). Website E-Learning Berbasis Modul : Bahan Pembelajaran Fisika Sma Dengan Pendekatan Discovery Learning. 3(1), 90–95.
Dehong, R., Bili, M., Kaleka, U., & Rahmawati, A. S. (2020). Analisis Langkah - Langkah Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Fisika. 5.
Ditasona, C. (2017). Penerapan Pendekatan Differentiated Instruction dalam Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta didik SMA. Jurnal EduMatSains, 2(1), 43–54.
Elliot, J. (1991). Action Research For Educational Change. Open University Press.
Furoidah, A. Z., Indrawati, & Subiki. (2013). Implementasi Model Discovery Learning Disertai Lembar Kerja Peserta didik Dalam Pembelajaran Fisika Peserta didik di SMA. 285–291.
Gunawan, G., & Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media PhET Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Kediri Tahun Ajaran 2017 / 2018. May. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.519
Hariyanto, A. (2016). Pengaruh Discovery Learning Berbantuan Paket Program Simulasi Phet Terhadap Prestasi Belajar Fisika. 1, 365–378.
Hidayat, R., Hakim, L., & Lia, L. (2019). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbantuan Media Simulasi PhET Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta didik. 7(2), 97–104. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i2.5900
I Komang Sukendra. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Berbantuan LKS Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta didik. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 21(2), 412–420. https://doi.org/10.5281/zenodo.4033640
Jatmiko, H. T. P., & Putra, R. S. (2022). Refleksi Diri Guru Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Penggerak. Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2), 224. https://doi.org/10.30651/lf.v6i2.14701
Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S. D., Pratiwi, H. Y., & Ayu, H. D. (2022). Analisis Keterampilan Abad 21 Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 39–53. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2482
Kadri, M., & Rahmawati, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor. 1(1), 29–33.
Kalatting, S., Serevina, V., & Astra, I. M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Pendekatan Guided Discovery Learning. 1(1986), 1–8.
Kamal, S. (2021). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan , Volume 1 N(September 2021), 1–12.
Kusuma, T. A., Harijanto, A., Program, M., & Pendidikan, S. (2010). Model Discovery Learning Disertai Teknik Probing Prompting Dalam Pembelajaran. 1, 336–341.
Liliawati, W., Setiawan, A., Rahmah, S., & Dalila, A. A. (2022). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi dalam Model Inkuiri terhadap Kemampuan Numerasi Peserta didik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 393–401. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/50838
Manalu, A., Sitorus, P., & Harita, T. H. (2023). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Efek Model PBL dengan Stategi Pembelajaran Diferensiasi terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Peserta didik SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 159–172. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4630
Mawati, A. T., Hanafiah, & Arifudin, O. (2023). Dampak pergantian kurikulum pendidikan terhadap peserta didik sekolah dasar. Jurnal Primar Edu, 1(1), 69–82. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/primary/article/view/316/89
Nurulhidayah, M. R., Lubis, P. H. M., & Ali, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Simulasi Phet Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta didik Pendahuluan. 95–103.
Puspitasari, V., Rufi’i, & Walujo, D. A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Diferensiasi Menggunakan Book Creator untuk Pembelajaran BIPA di Kelas yang Memiliki Kemampuan Beragam. Jurnal Education and Development Institut, 8(4), 310–319.
Putra, I. M. Y. T. (2021). Implementasi Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Diferensia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Indonesian Journal of Educational Development, 2(3), 461–471. https://doi.org/10.5281/zenodo.5681318
Putri, G. E., Program, D., Magister, S., Fisika, P., & Padang, U. N. (2019). Analisis Karakteristik Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika untuk Pengembangan Buku Digital ( e -book ) Fisika SMA Berbasis Model Discovery Learning Program Studi Magister Pendidikan Fisika , FMIPA , Universitas Negeri Padang. 5(2), 139–146.
Putri, I. S., Juliani, R., & Lestari, I. N. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Dan Aktivitas Peserta didik. 6(2), 91–94.
Putri, R. H., Lesmono, A. D., & Aristya, P. D. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 168–174.
Rafiska, & Susanti, R. (2023). Analisis Profil Gaya Belajar Peserta Didik Sebagai Data Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas XII SMA Negeri 1 Palembang. Research and Development Journal of Education, 9(1), 474–482.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Safarati, N. (2023). Literature Review: Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Menengah. Literature Review, 6(November), 33–37.
Sari, N., Sunarno, W., & Sarwanto, S. (2018). Analisis Motivasi Belajar Peserta didik Dalam Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 17–32. https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i1.591
Sari, P. I., & Harjono, A. (2016). Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual pada Penguasaan Konsep Fisika Peserta didik Abstract-- Discovery learning is a way of teaching that gives students the knowledge to construct a concept discovered through an experiment . The implementa. II(4), 176–182.
Setiyo, A. (2022). Penerapan pembelajaran diferensiasi kolaboratif dengan melibatkan orang tua dan masyarakat untuk mewujudkan student’s well-being di masa pandemi. Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), 61–78. https://doi.org/10.26877/bioma.v11i1.9797
Sudibyo, E., Jatmiko, B., & Widodo, W. (2017). Pengembangan Instrumen Motivasi Belajar Fisika: Angket. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1), 13. https://doi.org/10.26740/jppipa.v1n1.p13-21
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. 13–28.
Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.
Winarti, W. T., Yuliani, H., Rohmadi, M., & Septiana, N. (2021). Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis Edutainment. 5(1).
Zakirurahman, M. (2022). Strategi Fasilitatif dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di MAN Barito Selatan Plus Ketrampilan. ACADEMIA : Jurnal Inovasi Riset Akademik, 2(4), 12–26. https://jurnalp4i.com/index.php/academia/article/download/1852/1733

Authors

Daniar Etikamurni
daniar.p.e@gmail.com (Primary Contact)
Anik Istyowati
Hena Dian Ayu
Etikamurni, D., Istyowati, A., & Dian Ayu, H. (2023). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Fisika Melalui Discovery Learning - Berdiferensiasi di Era Kurikulum Merdeka. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 5(2). https://doi.org/10.21067/jtst.v5i2.8904

Article Details