Analisis implementasi manajemen strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan pondok pesantren

Main Article Content

Imam Qori

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi strategi manajemen dalam peningkatan mutu pendidikan Al-Asror, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data primer pengelola Al-Asror dan data sekunder berupa buku pegangan Al-Asror. Metode analisis yang digunakan dengan tahapan manajemen strategis berupa perumusan strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi. Hasil penelitian menunjukkan secara umum Al-Asror telah menerapkan strategi manajemen dalam meningkatkan mutu pendidikan. Namun terdapat beberapa langkah strategis yang belum terpenuhi dengan baik yaitu kurangnya visi dan misi, kurangnya pemahaman tentang kekuatan dan kelemahan internal, kurangnya rasa memiliki dan semangat tanggung jawab dalam mengembangkan kualitas pendidikan, sehingga implementasi strategi tidak dapat dilakukan. dilakukan dengan benar. begitu pula lemahnya kemampuan untuk melakukan koreksi evaluatif.

Article Details

How to Cite
Qori, I. (2019). Analisis implementasi manajemen strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan pondok pesantren. MBR (Management and Business Review), 3(2), 83–94. https://doi.org/10.21067/mbr.v3i2.4605
Section
Articles

References

David, F. R., & David, F. R. (2013). Strategic management: Concepts and cases: A competitive advantage approach. Pearson.

Dewi, R., & Sandora, M. (2019). Analisis Manajemen Strategi UIN Suska Riau dalam Mempersiapkan Sarjana yang Siap Bersaing Menghadapi Mea. Jurnal EL-RIYASAH, 10(1), 74–91.

Herman, I. (2018). Revitalisasi Peran Pesantren dalam Pengembangan Sumber Daya Umat di Era Globalisasi dan Modernisasi. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 2(2).

Irani, U., Murniati, & Khairuddin. (2014). Implementasi Manajemen Strategik dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan pada SMAN 10 Fajar Harapan. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 4(2), 58–70.

Murniati, A. R. (2008). Manajemen Stratejik: Peran kepala sekolah dalam pemberdayaan. Perdana Publishing.

Nawawi, H. (2003). Manajemen Strategik: Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahan dengan Ilustrasi Di Bidang Pendidikan: Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.

Purwanti, E., Kusuma, N., & Sari, R. N. (2018). Implementasi Manajemen Strategis dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di Pondok Pesantren: Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 3(2), 85–92.

Qomar, M. (2005). Pesantren: dari transformasi metodologi menuju demokratisasi institusi. Erlangga.

Rahim, H. (2001). Pembaharuan Sistem Pendidikan Nasional: Mempertimbangkan Kultur Pondok Pesantren. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Sugiyono. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Alpabeta, Bandung. Alfabeta.