Pengaruh Corporate Social Responsibility dan brand image terhadap nilai perusahaan dimoderasi kinerja keuangan

Main Article Content

Yuniep Mujati Suidah
Rachyu Purbowati

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan brand image terhadap nilai perusahaan dimoderasi kinerja keuangan, metode yang digunakan  dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel menggunakan purposive sampling, yaitu 10 perusahaan perusahaan manufaktur sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2014-2018. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modelling-Partial Least Square(SEM-PLS). Hasil penelitian CSR dan brand image tidak berpengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan (NP), namun variabel CSR berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dan variabel brand image tidak berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Variabel kinerja keuangan dapat memperkuat pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan dan pengaruh brand image terhadap nilai perusahaan.  Jika terjadi peningkatan kinerja keuangan, maka pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan tinggi, begitu juga sebaliknya jika nilai kinerja keuangan turun, maka pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan semakin rendah. Namun, jika terjadi peningkatan pada kinerja keuangan maka pengaruh brand image terhadap nilai perusahaan semakin rendah.

Article Details

How to Cite
Suidah, Y. M. ., & Purbowati, R. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan brand image terhadap nilai perusahaan dimoderasi kinerja keuangan. MBR (Management and Business Review), 3(2), 57–70. https://doi.org/10.21067/mbr.v3i2.4615
Section
Articles

References

Anwar, S., Haerani, S., & Pagalung, G. (2010). Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap kinerja keuangan perusahaan dan harga saham. E-Jurnal. Universitas Hasanuddin.

Dewi, K. R. C., & Sanica, I. G. (2017). Pengaruh kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan pengungkapan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 2(1), 231–246.

Elkington, J. (1998). Accounting for the triple bottom line. Measuring Business Excellence, 2(3), 18–22.

Indrasti, A. W., & Martini, M. (2017). Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Barang Konsumsi, Kosmetik dan Keperluan Rumah Tangga, dan Peralatan Rumah Tangga yang Terdaftar Di Bursa). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 3(2).

Nulhaniya, L. K., Mardani, R. M., & Salim, A. (2018). Analisis pengaruh kinerja keuangan, good corporate governance, dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan (Studi empiris pada perusahaan yang terdaftar dalam LQ-45 tahun 2014-2016). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 7(8).

Nurhayati, M., & Medyawati, H. (2012). Analisis pengaruh kinerja keuangan, good corporate governance dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan yang terdaftar dalam LQ45 pada tahun 2009-2011. Jurnal Akuntansi, 1(2), 1–13.

Putra, I. B. D., & Wirakusuma, M. G. (2015). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Pada Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 13(2), 461–475.

Putri, A. K., Sudarma, M., & Purnomosidhi, B. (2016). Pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan dan jumlah dewan komisaris sebagai variabel pemoderasi (studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar Bursa Efek Indonesia). Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(2), 344–358.

Retno, R. D., & Priantinah, D. (2012). Pengaruh good corporate governance dan pengungkapan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan (studi empiris pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007-2010). Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 1(2), 99–103.

Rosiana, G., Juliarsa, G., & Sari, M. M. R. (2013). Pengaruh pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 5(3), 723–738.

Sertel, E. (2017). Customer Satisfaction, Loyalty, and Financial Performance in the Tourism and Hospitality Industry: Evidence from North Cyprus. International Journal of Economic Perspectives, 11(4).

Setianingrum, W. A. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2013). Disertasi.

Smith, R. F., & Wright, W. F. (2004). Determinants of customer loyalty and financial performance. Journal of Management Accounting Research, 16(1), 183–205.

Solimun. (2017). Penguatan Confirmatory Research : Pemodelan Persamaan Struktural Pendekatan WarpPLS. Universitas Brawijaya.

Stacia, E., & Juniarti, J. J. (2016). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan di Sektor Pertambangan. Business Accounting Review, 4(1), 81–90.

Suranto, V. A. H. M., & Walandouw, S. K. (2017). Analisis Pengaruh Struktur Modal dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Perbankan di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2).