Pengaruh Experiental Marketing terhadap loyalitas konsumen dan dimediasi oleh kepuasan konsumen

Main Article Content

Deni Widyo Prasetyo
Wasis Wasis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh Experiental Marketing terhadap loyalitas konsumen dan dimediasi oleh kepuasan konsumen. Penelitian menggunakan metode explanasi (explanatory) dengan skala pengukuran Likert 5 point, sampel yang digunakan sebanyak 100 sampel, metode pengumpulan data dengan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, Analisa Jalur, dan Uji Sobel. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Experiental Marketing tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen di Jos cafe Jombang, kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen di Jos cafe Jombang, kepuasan konsumen berpengaruh positif menjadi mediasi Experiental Marketing terhadap loyalitas konsumen di Jos Cafe Jombang. Saran dalam penelitian selanjutnya yaitu agar dapat menggambarkan Experiental Marketing, Kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen di Jos cafe jombang secara menyeluruh perlu dilakukan penelitian dengan menggunakan sampel yang lebih besar dan dalam jangka waktu penelitian yang lebih panjang.

Article Details

How to Cite
Prasetyo, D. W., & Wasis, W. (2019). Pengaruh Experiental Marketing terhadap loyalitas konsumen dan dimediasi oleh kepuasan konsumen. MBR (Management and Business Review), 3(2), 71–82. https://doi.org/10.21067/mbr.v3i2.4616
Section
Articles

References

Baskara, A. H. (2006). Teori umum Experiental Marketing. Jakarta: Erlangga.

Devindiani, E., & Wibowo, L. A. (2016). Pengaruh Experiential Marketing terhadap Customer Satisfaction Serta Dampaknya pada Customer Loyalty (Survei pada Pengguna Smartphone di Komunitas Online Apple dan Samsung Regional Bandung). Journal of Business Management Education (JBME), 1(1), 149–159.

Famiyeh, S., Asante-Darko, D., & Kwarteng, A. (2018). Service quality, customer satisfaction, and loyalty in the banking sector. International Journal of Quality & Reliability Management, 35(8), 1546–1567.

Jeon, H. (2013). The effect of experiential marketing on customer satisfaction and revisit intention of beauty salon franchise stores. Journal of Fashion Business, 17(3), 109–121.

Jiang, H., & Zhang, Y. (2016). An investigation of service quality, customer satisfaction and loyalty in China’s airline market. Journal of Air Transport Management, 57, 80–88.

Kartajaya, H. (2002). Hermawan Kartajaya on Marketing. Gramedia Pustaka Utama.

Kartajaya, H. (2007). Hermawan Kartajaya on Marketing Mix. Mizan Pustaka.

Kasiri, L. A., Cheng, K. T. G., Sambasivan, M., & Sidin, S. M. (2017). Integration of standardization and customization: Impact on service quality, customer satisfaction, and loyalty. Journal of Retailing and Consumer Services, 35, 91–97.

Mowen, J. C., & Michael, M. (2005). Consumer Behaviour. Prentice-Hall.

Muhammad, M., & Artanti, Y. (2016). The impact of experiential marketing on word of mouth with customer satisfaction as a intervening variable. JDM (Jurnal Dinamika Manajemen), 7(2), 182–190.

Nurcahyo, B. (2016). The role of customer satisfaction in a relation of experiential marketing and customer loyalty. Advances in Social Sciences Research Journal, 3(1).

Pine, B. J., & Gilmore, J. H. (2011). The experience economy. Harvard Business Press.

Safitri, D. N., Hidayat, W., & Dewi, R. S. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi, Dan Tarif Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Lestari Raharja Kota Magelang (Studi Kasus Pada Pasien Rawat Inap Non Asuransi). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(2), 325–331.

Schmitt, B. (1999). Experiential marketing. Journal of Marketing Management, 15(1–3), 53–67.

Shandra, M. P. K., & Murwatiningsih, M. (2016). Kepuasan Konsumen sebagai Mediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand Image dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen pada Taksi New Atlas Semarang. Management Analysis Journal, 5(1).

Wahyuningtyas, F. M., Achmad, F., & Zainul, A. (2017). The effect of experiential marketing on satisfaction and its impact on customer loyalty. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 61(1).

Wijaya, A. (2014). Analisis Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Repeat Purchase Dengan Customer Satisfaction Sebagai Experiential Marketing. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1–9.

Wu, M.-Y., & Tseng, L.-H. (2015). Customer satisfaction and loyalty in an online shop: An experiential marketing perspective. International Journal of Business and Management, 10(1), 104.

Zarem, J. E. (2000). Experience marketing. Folio: The Magazine for Magazine Management, 1(3), 28–32.

Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Berry, L. L. (2000). Measuring the quality of relationship in customer service: An empirical study. Journal of Marketing.