Pengaruh store atmosphere dan price discount terhadap keputusan pembelian impulse buying pelanggan Carrefour Market

Main Article Content

Irvan Eles Vilalba

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere dan price discount terhadap keputusan pembelian impulse buying pelanggan Carrefour Market. Sampel penelitian sebanyak 100 orang pelanggan Carrefour Malang, yang diambil secara acak, teknik pengumpulan menggunakan kuesioner, adapun teknik analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian impulse buying, price discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian impulse buying. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku impulse buying tercipta karena strategi Carrefour dalam menciptakan store atmosphere yang menarik dan kebijakan price discount pada beberapa produk yang dijual.

Article Details

How to Cite
Vilalba, I. E. (2017). Pengaruh store atmosphere dan price discount terhadap keputusan pembelian impulse buying pelanggan Carrefour Market. MBR (Management and Business Review), 1(2), 54–64. https://doi.org/10.21067/mbr.v1i2.4725
Section
Articles

References

Asterrina, F., & Hermiati, T. (2013). Pengaruh discount terhadap perilaku impulse buying. E-Jurnal Administrasi Niaga, 7.

Banerjee, S., & Saha, S. (2012). Impulse buying behaviour in retail stores–Triggering the senses. Asia Pacific Journal of Marketing & Management Review, 1(2), 1–21.

Berman, B., & Evans, J. R. (2005). Retail Management a strategic approach. Pearson.

Campo, S., & Yagüe, M. J. (2007). Effects of price promotions on the perceived price. International Journal of Service Industry Management.

Chen, H., Marmorstein, H., Tsiros, M., & Rao, A. R. (2012). When more is less: The impact of base value neglect on consumer preferences for bonus packs over price discounts. Journal of Marketing, 76(4), 64–77.

Christina, W. U. (2006). Manajemen Ritel (Strategi dan Implementasi Ritel Modern). Jakarta: Salemba Empat.

Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (1994). Perilaku Konsumen. Jakarta: Binarupa Aksara.

Gendall, P., Hoek, J., Pope, T., & Young, K. (2006). Message framing effects on price discounting. Journal of Product & Brand Management.

Gillani, F. (2012). Impact of peer pressure and store atmosphere on purchase intention: An empirical study on the youngsters in Pakistan. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 2(7), 323.

Gumilang, W. A., & Nurcahya, I. K. (2016). Pengaruh Price Discount Dan Store Atmosphere Terhadap Emotional Shopping Dan Impulse Buying. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(3).

Karbasivar, A., & Yarahmadi, H. (2011). Evaluating effective factors on consumer impulse buying behavior. Asian Journal of Business Management Studies, 2(4), 174–181.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kurniawan, D. (2013). Pengaruh promosi dan store atmosphere terhadap impulse buying dengan shopping emotion sebagai variabel intervening studi kasus di Matahari department store cabang supermall Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2), 1–8.

Levy, M., & Weitz, B. A. (2004). Retailing management. McGraw-Hill/Irwin.

Lowe, B. (2010). Consumer perceptions of extra free product promotions and discounts: the moderating role of perceived performance risk. Journal of Product and Brand Management, 19(7), 496–503.

Ma’ruf, H. (2006). Pemasaran ritel. Gramedia Pustaka Utama.

Pemayun, T. I. D. P., & Ekawati, N. W. (2016). Pengaruh Promosi, Atmosfer Gerai, dan Merchandise terhadap Pembelian Impulsif pada Hardy’s Mall Gatsu Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(7).

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2000). Consumer behavior: Perilaku konsumen dan strategi pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Pradipta, I. N. M. A. W., & Rastini, N. M. (2014). Pengaruh Atmosfer Toko, Promosi Penjualan, Dan Interaksi Antara Karyawan Toko Dengan Pembeli Terhadap Keputusan Impulse Buying Di Carrefour Hypermarket. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 3(8).

Rachmawati, V. (2009). Hubungan antara hedonic shopping value, positive emotion, dan perilaku impulse buying pada konsumen ritel. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Airlangga (JEBA)| Journal of Economics and Business Airlangga, 19(2).

Solomon, M., Russell-Bennett, R., & Previte, J. (2012). Consumer behaviour. Pearson Higher Education AU.

Theresia, V. M. (2014). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Pembelian Impulsif Pada Remaja Gereja GMIM Wilayah Manado Winangun (studi di Manado Town Square). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 2(4).

www.infocarrefour.weebly.com