PENINGKATAN KETERAMPILAN BERTANYA MELALUI PENDEKATAN ILMIAH (SCIENTIFIC APPROACH) PADA SUB TEMA PERISTIWA-PERISTIWA PENTING SISWA KELAS VB SDN TUNJUNGSEKAR 3 KOTA MALANG

Dwi Ana Lestari

Abstract


ABSTRAK: Tujuan penelitian ini antara lain mendeskripsikan penerapan pendekatan ilmiah (scientific approach) untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan bertanya siswa pada subtema Peristiwa-peristiwa Penting kelas VB dengan menggunakan pendekatan ilmiah di SDN Tunjungsekar 3 Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan pendekatan kualitatif yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Penelitian ini menggunakan prosedur kerja berupa siklus spiral perencanaan,pelaksanaan, pengamatan dan diakhiri dengan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes tulis, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN Tunjungsekar 3 Kota Malang yang berjumlah 22 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan statistik sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa terlihat aktif, bersemangat, dan gembira dalam belajar dan keterampilan bertanya siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan dari 70% menjadi 77 %, selain itu hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 80% menjadi 86%.

 

ABSTRACT: The purpose of these studies, such as describe the application of scientific approach to improve the skills of asking students and describe the skills upgrading asked students on the sub-theme events Important VB class by using a scientific approach in SDN Tunjungsekar 3 Malang. This type of research is the PTK with a qualitative approach that consists of the first cycle and the second cycle. This study uses the working procedures in the form of a spiral cycle of planning, implementation, observation and ends with reflections. Data collected through observation, tests, interviews, and documentation. The subjects were students of class VB SDN Tunjungsekar 3 Malang, amounting to 22 students. Data analysis technique used is descriptive qualitative data analysis techniques and quantitatively using simple statistics. The results of this study showed that the students were active, eager and excited in learning and questioning skills of students in learning has increased from 70% to 77%, in addition to the learning outcomes of students also increased from 80% to 86%.


Keywords


Scientific Approach, the skills of asking student

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bidang Pendidikan Dasar is indexed by: Google Scholar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.

Web
Analytics