EFEKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL GOBAG SODOR UNTUK PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR

EFEKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL GOBAG SODOR UNTUK PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Arief Rahman Hakim Universitas Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jbpd.v1i1.1614

Keywords:

traditional games, gobak Sodor, Social Sciences

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah permainan tradisional gobag sodor

efektif terhadap pembelajaran anak SD dan mendiskripsikan tanggapan siswa kelas IV SDN

Putat Kidul 02 Kecamatan Gondanglegi tentang pembelajaran IPS dengan menggunakan

permainan tradisional gobag sodor. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah

siswa kelas IV SDN Putat Kidul 01 dan SDN Putat Kidul 02 Kecamatan Gondanglegi. Alat

pengumpulan data berupa soal evaluasi, dan angket pendapat siswa tentang pembelajaran

dengan permainan tradisional. Teknik analisis datanya menggunakan independent sample ttest dengan bantuan SPSS for Windows V.22.

Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan model independent sample t

test diperoleh thitung = 2,999 untuk ttabel dengan df =1, 677. Sehingga thitung > ttabel yaitu 2,999

> 1,677. Dan Nilai Signifikansi (p)= 0,04. Sehingga Nilai Signifikansi (p) < 0,05 maka H0

ditolak. Hal ini berarti dapat dikatakan bahwa permainan gobag sodor efektif meningkatkan

hasil belajar IPS siswa kelas IV. Hal ini ditunjukkan melalui selisih nilai rata-rata antara

kelas kontrol dan eksperimen sebelum diberikan perlakuan sebesar 2,39 sedangkan setelah

diberikan perlakuan meningkat sebesar 11,63. Serta tanggapan positif diberikan siswa SDN

Putat Kidul 02 terhadap penggunaan permainan tradisioanal gobag sodor dalam

pembelajaran IPS ini dalam meningkatkan pemahaman materi yang dipelajari.

 

Abstract

This study aims to find out if the gobag sodor traditional game effectively to the

learning of elementary school children and describing responses fourth grade students of

SDN 02 Putat Kidul Gondanglegi of Social Sciences using gobag sodor traditional game.

The subjects used in this study is the fourth grade students of SDN 01 and SDN Putat Putat

Kidul Kidul 02 Gondanglegi. Data collection tools in the form of evaluation questions, and

questionnaires about the students' opinions of learning with traditional games. Data

analysis techniques using independent sample t-test with SPSS for Windows V.22.

Based on the analysis of data using a model independent sample t test obtained t =

2.999 for ttabel with df = 1, 677. So thitung> t table namely 2.999> 1.677. And Value

Significance (p) = 0.04. Thus Value Significance (p) <0.05 then H0 is rejected. This means

it can be said that the gobag sodor game effectively improve learning outcomes Social

Sciences grade IV. This is demonstrated by the difference in average values between control

and experimental classes before being given treatment equal to 2.39 while after being given

treatment increased by 11.63. As well as the positive response given school SDN 02 Putat

Kidul to use gobag sodor traditional game in this Social Sciences in improving the

understanding of the material being studied.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-01-11

How to Cite

Hakim, A. R. (2017). EFEKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL GOBAG SODOR UNTUK PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 1(1), 33–39. https://doi.org/10.21067/jbpd.v1i1.1614

Issue

Section

Articles
Loading...