EFEKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL GOBAG SODOR UNTUK PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Arief Rahman Hakim Universitas Kanjuruhan Malang
Keywords: traditional games, gobak Sodor, Social Sciences

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah permainan tradisional gobag sodorefektif terhadap pembelajaran anak SD dan mendiskripsikan tanggapan siswa kelas IV SDNPutat Kidul 02 Kecamatan Gondanglegi tentang pembelajaran IPS dengan menggunakanpermainan tradisional gobag sodor. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalahsiswa kelas IV SDN Putat Kidul 01 dan SDN Putat Kidul 02 Kecamatan Gondanglegi. Alatpengumpulan data berupa soal evaluasi, dan angket pendapat siswa tentang pembelajarandengan permainan tradisional. Teknik analisis datanya menggunakan independent sample ttest dengan bantuan SPSS for Windows V.22.Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan model independent sample ttest diperoleh thitung = 2,999 untuk ttabel dengan df =1, 677. Sehingga thitung > ttabel yaitu 2,999> 1,677. Dan Nilai Signifikansi (p)= 0,04. Sehingga Nilai Signifikansi (p) < 0,05 maka H0ditolak. Hal ini berarti dapat dikatakan bahwa permainan gobag sodor efektif meningkatkanhasil belajar IPS siswa kelas IV. Hal ini ditunjukkan melalui selisih nilai rata-rata antarakelas kontrol dan eksperimen sebelum diberikan perlakuan sebesar 2,39 sedangkan setelahdiberikan perlakuan meningkat sebesar 11,63. Serta tanggapan positif diberikan siswa SDNPutat Kidul 02 terhadap penggunaan permainan tradisioanal gobag sodor dalampembelajaran IPS ini dalam meningkatkan pemahaman materi yang dipelajari. AbstractThis study aims to find out if the gobag sodor traditional game effectively to thelearning of elementary school children and describing responses fourth grade students ofSDN 02 Putat Kidul Gondanglegi of Social Sciences using gobag sodor traditional game.The subjects used in this study is the fourth grade students of SDN 01 and SDN Putat PutatKidul Kidul 02 Gondanglegi. Data collection tools in the form of evaluation questions, andquestionnaires about the students' opinions of learning with traditional games. Dataanalysis techniques using independent sample t-test with SPSS for Windows V.22.Based on the analysis of data using a model independent sample t test obtained t =2.999 for ttabel with df = 1, 677. So thitung> t table namely 2.999> 1.677. And ValueSignificance (p) = 0.04. Thus Value Significance (p) <0.05 then H0 is rejected. This meansit can be said that the gobag sodor game effectively improve learning outcomes SocialSciences grade IV. This is demonstrated by the difference in average values between controland experimental classes before being given treatment equal to 2.39 while after being giventreatment increased by 11.63. As well as the positive response given school SDN 02 PutatKidul to use gobag sodor traditional game in this Social Sciences in improving theunderstanding of the material being studied. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-01-11
How to Cite
Hakim, A. (2017). EFEKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL GOBAG SODOR UNTUK PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 1(1), 33-39. https://doi.org/10.21067/jbpd.v1i1.1614
Section
Articles