Penggunaan Media Papan Persilangan dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perkawinan Silang Mahluk Hidup untuk Siswa Kelas IX C SMP Negeri 7 Malang Tahun 2015/2016

  • Nikmatillah Nikmatillah SMP Negeri 7 Malang
Keywords: Hasil Belajar, IPA, Media Papan Persilangan

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dimaksudkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media papan persilangan. Subyek bepelitian siswa kelas IX C SMP Negeri 7 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media papan persilangan dapat meningkatkan hasil belajar IPA tentang perkawinan silang mahluk hidup untuk siswa kelas IX-C SMP Negeri 7 Malang. Hal ini dibuktikan dengan ketuntasan hasil belajar siswa. Jika pada studi awal ketuntasan belajar klasikal hanya mencapai 30,77%, maka pada silkus I meningkat menjadi 50% dan pada siklus II ketuntasan belajar klasilkal mencapai 88%. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan bagi guru IPA untuk mencoba menggunakan media papan persilangan dalam pembelajaran IPA kelas IX materi pewarisan sifat (perkawinan silang) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. The aim of this study is to describe learning using cross board media. Subject of this study is IX C SMP Negeri 7 Malang. This study uses two cycles, each cycle consisting of planning, implementation, observation and reflection. Data collection techniques in this study through observation, tests and questionnaires. The results show that the use of cross board media can improve science learning outcomes about cross-breeding living creatures for students of class IX-C SMP Negeri 7 Malang. In the initial classical learning reaches only 30.77%, then on the first cycle increased to 50% and in second cycle completeness classical learning reached 88%. Based on the results of this study, it is advisable for science teachers to try to use cross board media in science class IX lesson material inheritance properties (cross-breeding) to improve student learning outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar. (2011). Media pengajaran. Jakarta : Rajagrafindo Persada
Bahri,S & Aswan. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Biologi media centre.com. (2010). Cara Cepat Menyelesaikan Soal Persilangan 1
Biologi media centre.com. (2014). Cara Cepat Menyelesaikan Soal Persilangan 2
Dimyati, M. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik.O. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Grafika.
Kunandar. (2007). Guru Profesional. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Saktiyono. (2007). IPA Biologi 2 SMP untuk kelas IX, Jakarta, ESIS.
Sardiman, A. (2007). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar-Mengajar. Bandung: CV Sinar Baru.
Uno,H.B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, M.U., & Setiawati, L. (2002). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.
Widodo, C. S. & Jasmadi. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar BerbasisKompetensi. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.
Yamin, M. (2007). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jambi: Gaung Persada Press Jakarta.
Published
2018-01-25
How to Cite
Nikmatillah, N. (2018). Penggunaan Media Papan Persilangan dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perkawinan Silang Mahluk Hidup untuk Siswa Kelas IX C SMP Negeri 7 Malang Tahun 2015/2016. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 1-8. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2187
Section
Articles