Peningkatan Dalam Penggunaan Media Ular Tangga Mata Kuliah Pendidikan PKn SD Materi Strategi Pembelajaran Pada Kemampuan Kognitif Mahasiswa Semester 2 STKIP Bina Insan Mandiri Surabaya

Noviardani Kartika Prameswari

Abstract


Penelitian ini mengenai peningkatan penggunaan media ular tangga tentang kemampuan kognitif mahasiswa terhadap materi strategi pembelajaran mata kuliah Pendidikan PKN SD semester 2 STKIP Bina Insan Mandiri.Teknik pengumpulan data berupa tes kognitif, observasi dan catatan lapangan.Aktivitas siklus I skor rata-rata 2,96 dikategorikan cukup persentase keberhasilannya sebesar 74,03%. Aktivitas mahasiswa siklus II skor rata-rata 3,05 dikategorikan baik dan persentase keberhasilan 76,44%. Pada siklus III aktivitas mahasiswa meningkat rata-rata 3,27 dikategorikan sangat baik dan persentase keberhasilan 81,73%. Hasil belajar kognitif mahasiswa observasi awal rata-rata kelasnya 46,91. Pada siklus I rata-rata kelas sebesar 52,57, pada siklus II rata-rata kelas 70,14 dan siklus III rata-rata kelas 84,84. Hal ini menunjukkan peningkatan hasil belajar kognitif mahasiswa dari awal sampai siklus III.yaitu persentase keterlaksanaan pembelajaran 97%. Hasil siklus III memenuhi keberhasilan.Jadi disimpulkan hasil belajar kognitif mahasiswa STKIP Bina Insan Mandiri materi Strategi Pembelajaran terjadi ketuntasan belajar dan setiap siklus mengalami peningkatan.

This research is about increasing the use of snake media about students' cognitive ability toward the subject matter teaching materials PKN SD semester 2 STKIP Bina Insan Mandiri. Data collection techniques include cognitive tests, observations and field notes. Activity cycle I average score of 2.96 is categorized quite a success percentage of 74.03. Student activity cycle II average score of 3.05 is categorized good and the percentage of success is 76,44%. In the third cycle of student activity increased an average of 3.27 is categorized excellent and the percentage of success is 81.73%. The cognitive learning outcomes of the students of the initial observation average of the class is 46,91 In the first cycle of the class average is 52, 57. in cycle II average class 70,14 and cycle II average class 84,84. This shows the improvement of cognitive learning outcomes of students from the beginning to the third cycle is the percentage of learning execution 97%. The results of cycle III meet the success. So concluded the cognitive learning outcomes of students STKIP Bina Insan Mandiri Learning strategy material there is mastery learning and every cycle has increased.

Keywords


Media ular tangga, Pendidikan PKN SD, Strategi Pembelajaran, Kemampuan kognitif mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi.(1993). Manajemen Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo. Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Aqib, Z. (2002). Profesional Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia. Djamarah, S.B. & Zain, A. (2010).Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Noor, J. 2011. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Rusman.(2013). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme dosen. Jakarta : Rajawali Persada. Sanjaya.(2009). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Perdana Media Group. Sudibyo, Elok. (2009). Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: UNESA. Sudjana, N. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar.Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN 2549-0125 (online), ISSN 2549-0117 (print)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter