Pengembangan Media Boneka Tangan dengan Metode Bercerita untuk Siswa Kelas V SDN Sudimoro 2 Kabupaten Malang

  • Denna Delawanti Chrisyarani Universitas Kanjuruhan Malang
Keywords: Boneka Tangan, bahasa Indonesia, cerita anak, media

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media boneka tangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development model 4D Thiagarajan. Tahap pengembangan ini terdiri dari empat tahap, yaitu define, design, develop, dan disseminate (penyebaran). Dalam pelaksanaannya, peneliti berhenti pada tahap ke-2 yaitu: develop. Hasil dari mengembangkan ini berupa: (l) rancangan media boneka tangan, (2) pedoman penggunaan guru. Rancangan media boneka tangan disesuaikan berdasarkan cerita anak yang dikembangkan peneliti berjudul Adikku, Dani dan Persahabatan. Spesifikasi media boneka tangan yaitu dirancang dengan tinggi -+ 25 cm, terdapat lubang tangan di bawah boneka untuk tempat memasukkan tangan dan menggerak-gerakkan boneka, boneka dibuat dari kain flanel berwarna-warni. Untuk memainkan boneka tangan di lengkapi dengan panggung boneka. Media boneka tangan dilengkapi dengan pedoman penggunaan guru,tekhnik bercerita, petunjuk penggunaan boneka, RPP dan LKS. Pedoman ini dirancang untuk mempermudah guru dalam menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media boneka tangan. The purpose of this research is to develop hand puppet medium. This research uses research and development approach 4D Thiagarajan model. This development stage consists of four stages, namely define, design, developt, and disseminate (spreading). In practice, the researcher stops at the second stage, namely: development. Results of this development: (l) hand puppets medium, (2) teacher use guidelines. The design of the hand puppet medium is tailored to the children's story that the researcher developed entitled My brother, Dani and Friendship. Hand-designed doll medium specs - + 25 cm, there are hand holes under the dolls for masking places and moving puppets, dolls made of colorful flannel. To play hand puppets complete with stage dolls. Hand puppet media is equipped with teachers' use, story techniques, manual use of puppets, RPP and LKS. These guidelines are designed to make it easier for teachers to apply learning by using hand puppet medium.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BSNP. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan untuk SD/MI. Malang: Dinas Pendidikan Kota Malang. Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik (Panduan bagi Orang Tua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP, SMA). Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Djiwandono, M., Soenardi. (1986). Kemampuan Berbahasa dan Penilaiannya dalam Pengajaran Bahasa. Malang: UM Press. Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi Pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember: Pena Salsabila Ibrahim, Sihkabuden, Suprijanta & Kustiawan, Usep. (2006). Media Pembelajaran. Malang: UM Press. Rofi‟uddin & Zuhdi. (1999). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas Tinggi. Jakarta: Depdikbud Dikjen Dikti. Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Sumanto. (2010). Media pembelajaran di SD. Malang: FIP UM.
Siti Mariana, Enny Zubaidah. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Bercerita Siswa Kelas V Sd Se-Gugus 4 Kecamatan Bantul. Jurnal Prima Edukasia Volume 3 – Nomor 2, Juli 2015, (166 - 176). ((Online), Https://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Jpe/Article/View/6538/6222), diakses Tanggal 25 Januari 2018.
Wan Nor Raihan Wan Ramli and Farrah „Aini Lugiman. (2011). The Contribution of Shadow Puppet‟s Show through Engaging Social Communication in Modern Society. Procedia - Social and Behavioral Sciences 35 ( 2012 ) 353 – 360. ((online),https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042812004107), diakses tanggal 25 Januari 2018.
Published
2018-01-25
How to Cite
Chrisyarani, D. (2018). Pengembangan Media Boneka Tangan dengan Metode Bercerita untuk Siswa Kelas V SDN Sudimoro 2 Kabupaten Malang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 57-62. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2199
Section
Articles