Analisis Proses Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo pada Mata Kuliah Geometri

Analisis Proses Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo pada Mata Kuliah Geometri

Authors

  • Fida Rahmantika Hadi FKIP UNIVERSITAS PGRI MADIUN
  • Vivi Rulviana FKIP UNIVERSITAS PGRI MADIUN

DOI:

https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2200

Keywords:

edmodo, e-learning, geometri, geometry

Abstract

Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran e-learning berbasis edmodo dalam mata kuliah geometri pada mahasiswa semester 4 prodi PGSD Universitas PGRI Madiun. Subjek dalam penelitian ini adalah dosen matematika dan mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah proses pembelajaran e-learning berbasis edmodo pada mata kuliah Geometri membuat pembelajaran matematika lebih menarik dan interaktif bagi mahasiswa serta membuat pembelajaran di kelas menjadi tidak membosankan. Selain itu, pembelajaran e-learning berbasis edmodo memiliki keuntungan diantaranya tidak memerlukan kelas formal dalam penerapannya.

Abstract
This research is a qualitative research that aims to analyze the learning process of elearning based on edmodo in geometry course on the 4th semester student of PGSD Study Program of University PGRI Madiun. Subjects in this study were lecturers of mathematics and students. This research is a qualitative research. The data in this study were obtained from observation. Data analysis techniques used consist of data reduction, data presentation, and conclusions. The result of this research is the learning process of e-learning based on edmodo in the subject of Geometry to make the learning of mathematics more interesting and interactive
for the students and make the learning in the class become not boring. In addition, edmodobased e-learning learning has the advantage of not requiring a formal class in its application.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran, Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Nurita Putranti. (2013). Cara Membuat Media Pembelajaran Online Menggunakan Edmodo.Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 2(2).Hlm. 141.

Oemar Hamalik. (2011). Kurikulumdan Pembelajaran. Jakarta: BumiAksara.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran. Jakarta : Raja GrafindoPersada

Seamolec.(2013). Buku Sumber Simulasi Digital. Jakarta: Seamolec.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta

Zhang, D., Zhou, L., & Briggs, R. (2006). Instructional video in e-learning: Assessing the impact of interactive video on learning effectiveness. Information &Management.Vol. 43.Issue 1. p. 15-27.

Zwang, J. (2010). Edmodo:A Free, Secure, Social Networking Site For School. (Online), (http://www.eschoolnews.com/2010/12/15/edmodo-a-free-secure-social networkingsitefor-school/. Diakses 8 Desember 2016).

Downloads

Published

2018-01-25

How to Cite

Hadi, F. R., & Rulviana, V. (2018). Analisis Proses Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo pada Mata Kuliah Geometri. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 63–68. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2200

Issue

Section

Articles
Loading...