Pengembangan Bahan Ajar Materi Mencerna (Menyimak Cerita Anak) Berbasis Cerita Anak Majalah Bobo Pada Siswa Kelas VI MI Darun Najah 1 Jatirejo Mojokerto

  • Eka Nurjanah Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
  • Dhikrul Hakim Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang
Keywords: Bahan ajar, Materi mencerna, Cerita anak, Majalah Bobo

Abstract

Tujuan penelitian sesuai dengan rumusan masalah dan pertanyaan penelitian, maka tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi objektif tentang kebutuhan model, model pengembangan, dan ketepatan pengembangan bahan ajar materi Mencerna berbasis cerita anak Majalah Bobo pada siswa kelas VI MI Darun Najah 1 Jatirejo Mojokerto. Pengembangan bahan ajar menggunakan pengembangan model 4-D (four D model). Model pengembangan 4-D yang diadaptasikan menjadi model 4-P (model 4 P), yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Peneliti membatasi pengembangan e-book interaktif hanya pada tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Dalam penelitian ini lembar validasi akan digunakan untuk menilai produk bahan ajar pada materi Mencerna berbasis cerita anak majalah bobo yang telah dikembangkan peneliti. Berdasarkan hasil analisis lembar validasi ahli materi sastra, ahli rancangan dan media pembelajaran, serta ahli praktisi (guru) bahwa bahan ajar materi Mencerna yang dikembangkan dapat disimpulkan persentase penilaian validator 86,7% menunjukkan bahwa bahan ajar materi Mencerna sudah tepat. The objective of this research is to obtain objective description about model requirement, development model, and accuracy of material resource development Digested based on child story of Bobo Magazine on grade 6 students MI Darun Najah 1 Jatirejo Mojokerto. Development of teaching materials using the development of 4-D model (four D model), be adapted into 4-P models, defining, designing, developing, and deploying. With many limitations, in this study only in the defining, designing, and developing phases. In this research, validation sheet will be used to assess the teaching material product on the digesting material based on bobo children's magazine story which has been developed by the researcher. Based on the analysis of validation sheet of literature experts, design experts and instructional media, and expert practitioners (teachers) that ingredients materials digested ingredients developed can be concluded the percentage of validator assessment 86.7% indicates that the ingredients of idigest material is right.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hafizah, U. (2017). Terompet Meira. Majalah Bobo. Hal 16-17.
Noor, Rohinah M. (2011). Pendidikan Karakter Berbasis Satra. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta. Gajah Mada University Press.
Nurjanah, Eka. (2015). Pengembangan E-book Interaktif pada Materi Menyimak Unsur-Unsur Intrinsik Cerpen Berbasis Kearifan Lokal Pangkalan Bun pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kumai [Tesis]. [Malang]: Unisma Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia.
Prastowo, Andi. (2014). Panduan Kreatif membuat Bahan Ajar Inovatif. Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jogjakarta: Diva Press.
Setyosari, Punaji. (2012). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tarigan, Henry Guntur. (1986). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada.
Published
2018-01-25
How to Cite
Nurjanah, E., & Hakim, D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Materi Mencerna (Menyimak Cerita Anak) Berbasis Cerita Anak Majalah Bobo Pada Siswa Kelas VI MI Darun Najah 1 Jatirejo Mojokerto. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 69-83. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2201
Section
Articles