Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD

  • Maharani Putri Kumalasani Universitas Muhammadiyah Malang
Keywords: multimedia interaktif, kepraktisan

Abstract

Multimedia interaktif salah satu media pembelajaran yang telah banyak diterapkan di sekolah dasar, hal ini membuktikan bahwa perkembangan teknologi pendidikan sudah merambah pada tingkat sekolah. Multimedia Interaktif merupakan media alternatif yang dapat membantu siswa belajar dengan aktif. Hal ini membuat peneliti tertarik untuk melihat lebih dalam bagaimana tingkat kepraktisan multimedia interaktif digunakan di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat kepraktisan penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran tematik kelas IV SD. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara dengan guru dan angket kepraktisan yang diberikan guru, observer, dan siswa. Hasil analisis dari angket oleh guru diperoleh persentase 90,6%, dimana persentase tersebut termasuk dalam kriteria “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil analisis angket dari observer menunjukkan 90% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Sedangkan hasil angket siswa menunjukkan 94,2% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Dapat disimpulkan bahwa kepraktisan penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran tematik kelas IV termasuk dalam kriteria sangat praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Multimedia interaktif sebagai salah satu alternatif media pembelajaran untuk menjadikan pembelajaran lebih berkualitas. Interactive multimedia one of the learning media that has been widely applied in elementary school, it is proved that the development of educational technology has penetrated at the school level. Interactive Multimedia is an alternative medium that can help students learn actively. This makes the researcher interested to see more deeply how the level of practicality of interactive multimedia is used in elementary schools. This study aims to see the practicality level of the use of interactive multimedia in the fourth grade thematic learning elementary school. The instruments used are teacher interviews and practicality questionnaires given by teachers, observers, and students. The results of the analysis from the questionnaire by teachers obtained percentage of 90.6%, where the percentage is included in criteria Very Practical. Based on the results, the questionnaire of analysis from observer showed 90% with criteria Very Practical. While, the student questionnaire results is show 94.2% with criteria Very Practical. It can be concluded that the practicality of using interactive multimedia in the fourth-grade thematic learning is included in criteria very practical for use in the learning process. Interactive multimedia as one of the alternative media learning to make learning more quality.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Sa’dun.2011.Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.Yogyakarta: Cipta Media.
Akbar, Sa’dun.2013.Instrumen Perangkat Pembelajaran.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ariani, N. & H. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif, dan Prospektif. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran: PeranannyaSangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Praherdhiono, Henry & Eka Pramono Adi. 2008. Panduan Praktikum Multimedia. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Mayern, Richard E.2009. Multi-Media Learning. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Munir. 2012. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Nieveen, N.M. (1999). Prototyping to reach productquality. In J. van den Akker, R. Branch, K. Gustafson, N. Nieveen & T. Plomp (Eds.) Design approaches and tools in education and training(pp. 125–136).Dordrecht, The Netherlands: Kluwer AcademicPublishers.
Lee, W. & Owens, D, L. 2004. Multimedia Based Instructional Design, Second Edition. United States of Amrica: John Wiley & Sonc. Inc.
Rachmadyanti, Putri.2013. Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran IPS (Studi Empiris pada Siswa kelas IV SDN Kendalrejo 02 Kecamatan Talun Kabupaten Blitar. Tesis Tidak diterbitkan. Malang:PPs UM.
Sadiman, Arif. S. dkk.2009. Media Pendidikan, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT Raja Grafindo Persada.
Published
2018-04-25
How to Cite
Kumalasani, M. (2018). Kepraktisan Penggunaan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 1-11. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2345
Section
Articles