Pengaruh Model Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SD Negeri Harja Mekar 03 Kec. Cikarang Utara

  • Ririn Nurcholidah Anisa Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Model Learning Cycle, Keterampilan Proses Sains

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model learning cycle terhadap keterampilan proses sains siswa kelas III SD Negeri Harja Mekar 03 Kec. Cikarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian quasi experiment dan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Populasi yang digunakan adalah 44 siswa dengan jumlah sampel kelas eksperimen 23 siswa dan kelas kontrol 21 siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 82,17 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 79,38. Hasil dari pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 17,51 > 1,68023artinya Ho ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan yang diperoleh pada penelitian ini adalah model learning cycle memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa pada mata pelajaran IPA kelas III. This research is intended to know the influence of the use of learning cycle model to science process skill of third grade students of SD Negeri Harja Mekar 03 Kec. Cikarang. This research uses quantitative approach, with quasi experiment research method and research design nonequivalent control group design. The sampling technique used purposive sampling technique. The population used was 44 students with the total sample class of 23 students and control class of 21 students. The analysis technique used is t-test with significant level of 0.05. The result of the research shows that the mean value of posttest of experimental class is 82,17 higher than the mean of posttest of control class is 79,38. The result of hypothesis testing by using t-test obtained thitung> ttable that is 17,51> 1,68023artinya Ho rejected and H1 accepted. The conclusions obtained in this study is the learning cycle model has a significant influence on the science process skills of students on science subjects class III.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Choiri, Amirul, Agus Suyudi dan Mudjihartono. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran 5E-Learning Cycles Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMA”. Malang: Universitas Negeri Malang. (http://fisika.um.ac.id/download/doc_download/419artikelskripsiamirulchoiri-agussuyudi-mudjihartono.html) diakses pada 6 Desember 2017.
Rustaman, Nuryani dkk. 2010. Materi Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Samatowa, Usman. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.
Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR – RUZZ.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyu Arif Murtandho. 2014. “Pengaruh Pembelajaran Learning Cycle Pada Materi Sistem Periodik Unsur Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil BelajarSiswa”.(http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/4543/4626) Diunduh pada 6 Desember 2017.
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Widi, Asih Wisudawati dan Eka Sulistiyowati. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2018-04-25
How to Cite
Anisa, R. (2018). Pengaruh Model Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III SD Negeri Harja Mekar 03 Kec. Cikarang Utara. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 12-22. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2346
Section
Articles