Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

  • Dhestha Hazilla Aliputri Universitas Kristen Satya Wacana
Keywords: Make A Match, IPS, Kartu Bergambar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran menggunakan model Make A Match dengan media kartu bergambar. Subjek penelitian ini adalah kelas IV SD N Wulung 1 Kabupaten Blora. Penelitian ini menggunakan dua siklus masing-masing yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumen pada kondisi awal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang kegiatan ekonomi bagi siswa kelas IV SD N Wulung 1 Blora. Dalam kondisi awal hanya mencapai 51%, maka pada siklus pertama meningkat menjadi 90% dan pada siklus II meningkat menjadi 94%. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi guru sosial untuk mencoba menggunakan model Make A Match dengan media kartu gambar di kelas IV sampai meningkatkan hasil belajar siswa. The aim of this study is to describe learning using models Make A Match with pictures card media. Subject of this study is class of IV SD N Wulung 1 Blora. This study uses two each cycle consisting of planning, implementation, observation and reflection. Data collection techniques using studies documens. The results show that the use of pictures cards media can improve social learning outcomes about economy activities for students of class IV SD N Wulung 1 Blora. In the initial classical learning reaches only 51%, then on the first cycle increased to 90% Based on the results of this study,and on two cycle increased from 90% to 94% it is advisable for social teachers to try to use models Make A Match with pictures cards media in class of IV to improve student learning outcomes

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggarawati, I. Gusti Ayu Ary, MG Rini Kristiantari, and I. GA Agung Sri Asri. "Pengaruh Make a match Berbantuan Media Kartu Gambar terhadap Hasil Belajar IPS SD." MIMBAR PGSD Undiksha 2.1 (2014)
Aqib. Z,. Diniati, E. Jaiyaroh, S. & Khotimal, K. (2008). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SMP, SMA, SMK. Bandung: CV. Yrama Widya
Dimyati & Mudjiono. (2010). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Djumiati. 2010. Model Pembelajaran Make a Match. Jurnal Kependidikan Dasar. Vol 1 No.2
Febriana, Ayu. "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SDN Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang (Application Of Cooperative Learning Model Type Make A Match To Enchace Quality Of Learning Social." Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar 1.2 (2011).
Hamalik, O. (2004). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Huss, John A (2006). “Gifted Education And Cooperative Learning: A Miss Or A Match”. ProQuest Journal Vol 29 No.4. Mawardi, M. (2018). Designing the Implementation of Model and Instructional Media. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 26-40. Mulyantiningsih, Endang. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Nurfaidah (2011). “Mengoptimalkan keaktif-an siswa dalam pembelajaran sejarah melalui cooperative learning dengan model make a match: penelitian tindakan kelas di SMA Negeri 4 Palu”. Jurnal PTK DBE, vol.1 tahun 2011.
Taniredja, T,. Efi Niftah Faridli, & Sri Harminto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta Utama, M., & Sari, D. L. (2015). Keefektifitasan Model Pembelajaran Picture and Picture Dan Make A Match Ditinjau Dari Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPA Kelas 4 SD Gugus Mawar-Suruh. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(3), 82-99. Wibowo, K. P., & Marzuki, M. (2015). Penerapan Model Make a Match Berbantuan Media Untuk Meningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 158-169.
Published
2018-04-25
How to Cite
Aliputri, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 70-77. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2351
Section
Articles