Perbedaan Hasil Belajar IPS Antara Model Pembelajaran Konvensional Berbantuan Media Gambar dengan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Power Point di Kelas III SDN Turirejo 02 Lawang Malang Tahun Ajaran 2015/2016

  • Linda Yulianti Universitas Kanjuruhan Malang
  • Dyah Tri Wahyuningtyas Universitas Kanjuruhan Malang
Keywords: hasil belajar, IPS, konvensional, media gambar, media power point, talking stick

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ips antara model pembelajaran konvensional berbantuan media gambar dengan model pembelajaran talking stick berbantuan media power point di Kelas III SDN Turirejo 02 Lawang Malang Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode comparasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas III SDN Turirejo 02 Lawang Malang Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak 62 siswa dengan rincian kelas IIIA sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIB sebanyak 31 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data melalui dokumentasi berupa nilai pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t sebesar -5.509 untuk kelompok kontrol dan kelompok eksperimen memiliki signifikan sebesari 0.000 yang berarti lebih kecil dari signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara model pembelajaran konvensional berbantuan media gambar dengan model pembelajaran talking stick berbantuan media power point terhadap hasil belajar. This study aims to determine differences in learning outcomes of ips between conventional learning model assisted media images with the learning model of talking stick assisted media power point in Class III SDN Turirejo 02 Lawang Malang School Year 2015/2016. This research uses quantitative approach with experimental comparation method. The sample in this study is the students of Class III SDN Turirejo 02 Lawang Malang School Year 2015/2016 as many as 62 students with class IIIA details as many as 31 students as experimental class and class IIIB as many 31 students as control class. Technique of taking data through documentation in the form of pretest and posttest value. The results showed that the t value of -5.509 for the control group and the experimental group had significant sebesari 0.000 which means smaller than significant 0.05. Based on the results of the above research can be concluded that there is a difference between conventional learning model assisted image media with the learning model of talk stick powered media point aid to learning outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anitah, Sri. 2010. Media Pembelajaran. Surakarta: Yama Pustaka.
Arikunto, Suharsimi.2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.
Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakrya.
Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi pembeljaran (cetakan ke-5). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Gunawan, Imam. 2013. Metode penelitan Kuantitatif: Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara
Hadi, Susilo dkk. 2008. Kajian Ilmu Pengetahuan Sosial. Salatiga: Widya Sari Press.
Published
2018-04-25
How to Cite
Yulianti, L., & Wahyuningtyas, D. (2018). Perbedaan Hasil Belajar IPS Antara Model Pembelajaran Konvensional Berbantuan Media Gambar dengan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Power Point di Kelas III SDN Turirejo 02 Lawang Malang Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 78-84. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2352
Section
Articles