Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas VI SD Negeri No. 101/II Muara Bungo Kecamatan Pasar Muara Bungo Kabupaten Bungo

Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas VI SD Negeri No. 101/II Muara Bungo Kecamatan Pasar Muara Bungo Kabupaten Bungo

Authors

  • Sarniwati Sarniwati Sekolah Dasar Negeri No. 101/II Muara Bungo

DOI:

https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2354

Keywords:

menulis, puisi, media gambar, poetry, writing, image media

Abstract

Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan menggunakan media pembelajaran gambar dengan memperhatikan ada atau tidaknya peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas VI SD Negeri No. 101/II Muara Bungo. Metode penelitian yang dipergunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu pendekatan dalam penelitian yang berbasis kelas atau sekolah untuk melakukan pemecahan berbagai permasalahan yang digunakan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan. Hasil penelitan, diperoleh hasil bahwa pertama, pada dasarnya para peserta didik kelas
VI mampu untuk membuat suatu puisi sederhana, hanya saja diperlukan media yang dapat merangsang imajinasi mereka. Kedua, media gambar ternyata dapat digunakan untuk merangsang imajinasi para peserta didik kelas VI, sehingga pada akhirnya mereka dapat membuat satu bait puisi.

Abstract
The purpose of this study is to determine the extent to which the success of using image learning media with regard to whether or not the increase in the ability to write class poetry students VI SD Negeri No. 101/II Muara Bungo. The research method used is Classroom Action Research. Classroom Action Research (PTK) is one approach in classroom or school-based research to solve various problems used in the context of improving the quality of education. The results of research, obtained the results that first, basically the students of class VI able to make a simple poem, it's just necessary media that can stimulate their imagination. Secondly, the media
images can be used to stimulate the imagin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardana, Wayan. 1980. Beberapa Metode Statistik untuk Keperlian Penelitian Pendidikan. Malang : Swadaya.

Margono. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta Soekamto, Toeti. 1997. Teori Belajar dan Model-model Pembelajaran. Jakarta : PAU-PPAI, Universitas Terbuka.

Soeratno dan Arsyat, Lincolin. 1988. Metodologi Penelitian untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta : BPFE.

Sudjana, Nana. 1984. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar BaruAlgensido.

Syaiful, Bachri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Berinteraksi Edukatif. Jakarta : PT Rineka Cipta

Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2018-04-25

How to Cite

Sarniwati, S. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas VI SD Negeri No. 101/II Muara Bungo Kecamatan Pasar Muara Bungo Kabupaten Bungo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 92–101. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2354

Issue

Section

Articles
Loading...