Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas VI SD Negeri No. 101/II Muara Bungo Kecamatan Pasar Muara Bungo Kabupaten Bungo
DOI:
https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1A.2354Keywords:
menulis, puisi, media gambar, poetry, writing, image mediaAbstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan menggunakan media pembelajaran gambar dengan memperhatikan ada atau tidaknya peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas VI SD Negeri No. 101/II Muara Bungo. Metode penelitian yang dipergunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu pendekatan dalam penelitian yang berbasis kelas atau sekolah untuk melakukan pemecahan berbagai permasalahan yang digunakan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan. Hasil penelitan, diperoleh hasil bahwa pertama, pada dasarnya para peserta didik kelas
VI mampu untuk membuat suatu puisi sederhana, hanya saja diperlukan media yang dapat merangsang imajinasi mereka. Kedua, media gambar ternyata dapat digunakan untuk merangsang imajinasi para peserta didik kelas VI, sehingga pada akhirnya mereka dapat membuat satu bait puisi.
Abstract
The purpose of this study is to determine the extent to which the success of using image learning media with regard to whether or not the increase in the ability to write class poetry students VI SD Negeri No. 101/II Muara Bungo. The research method used is Classroom Action Research. Classroom Action Research (PTK) is one approach in classroom or school-based research to solve various problems used in the context of improving the quality of education. The results of research, obtained the results that first, basically the students of class VI able to make a simple poem, it's just necessary media that can stimulate their imagination. Secondly, the media
images can be used to stimulate the imagin.
Downloads
References
Ardana, Wayan. 1980. Beberapa Metode Statistik untuk Keperlian Penelitian Pendidikan. Malang : Swadaya.
Margono. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta Soekamto, Toeti. 1997. Teori Belajar dan Model-model Pembelajaran. Jakarta : PAU-PPAI, Universitas Terbuka.
Soeratno dan Arsyat, Lincolin. 1988. Metodologi Penelitian untuk Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta : BPFE.
Sudjana, Nana. 1984. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar BaruAlgensido.
Syaiful, Bachri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Berinteraksi Edukatif. Jakarta : PT Rineka Cipta
Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.
Jurnal Bidang Pendidikan Dasar allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Bidang Pendidikan Dasar