KUALITAS MEDIA CARD DANCE UNTUK PEMBELAJARAN SENI TARI DI LEMBAGA PENDIDIKAN

KUALITAS MEDIA CARD DANCE UNTUK PEMBELAJARAN SENI TARI DI LEMBAGA PENDIDIKAN

Authors

  • Emy Yunita Rahma Pratiwi anggotaan
  • Ratih Asmarani Universitas Hasyim Asyari Tebuireng Jombang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i2.2534

Keywords:

Kualitas Media Pembelajaran, Seni Tari, Card Dance, Lembaga Pendidikan, Quality of Instructional Media, Dance Art, CardDance, Educational Institution

Abstract

Abstrak
Tujuan pembelajaran seni tari carddancebagi pelajar adalah untuk mengekpresikan kembali pengalaman mereka yang lalu secara kreatif, memupuk dan mengembangkan daya ciptanya dan diekpresikan dalam bentuk seni karya tarian kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas media card dance. Media pembelajaran seni tari yang digunakan dalam hal ini adalah “Card Danceâ€, yaitu sebuah kartu yang di dalamnya terdapat gambar tari yang ada di Indonesia.Penelitian ini adalahmenggunakan model pengembangan 4-D (Four D Models) dari Thiagarajandanjenis penelitian ini deskriptif kualitatifdengan kajian laporan hasil penelitian.Hasil data dari tim validator akan dianalisis secara deskriptif kuantitatif.Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat pada pengembangan media card dance untuk pembelajaran seni tari dalam
lembaga Pendidikan. Berdasarkan hasil kualitas media card dance untuk pembelajaranseni tari di lembaga pendidikan. Ditinjau dari berbagai aspek kualitas materi dan mediamenunjukkan total skor perolehan sebesar 109 dari total skor maksimal 148. Setelah dianalisis dan dipersentasekan, nilai tersebut mendapatkan hasil sebesar 74,5%. Secara keseluruhan media card dance memenuhi syarat sebagai media yang berkualitas dengan kualittas baik dan layak digunakan untuk menunjang pembelajaran.

Abstract
The learning goal of card dance art for students is to re-express their past experience creatively, foster and develop creativitythat is expressed in the form of creative dance artwork. This study aims to determine the quality of card dance instructional media. The instructional media of dance art used is "Card Dance", which is a card with some pictures of Indonesian dance.This research used 4-D development model (Four D Models) from Thiagarajan and the research design is qualitative descriptive with discussion of the researchresult. The data
collection results from the team validator will be analyzed descriptively and quantitatively. This research aims to provide benefits to the improvement of card dance media for learning dance art in educational institution.Based on the result of the card dance mediaquality to teach dance art at educational institution, and analyzed from several aspects of the quality of material and media, it shows the total score of 109 out of a maximum score of 148. After being analyzed and presented, the results obtained a result of 74.5%. Overall, the instructional media of card dance can be defined as a good quality instructional media and deserve to be used to support learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Abdul Rahman Sholeh. 2005. Pendidikan Agama dan Pengembangan untuk Bangsa. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Arif S. Sadiman, dkk. 2011. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dewi Risnaningtyas. 2016. “Pengaruh Penggunaan Media Kartu Bergambar Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Negeri Dayuharjo Slemanâ€. Journal UNY diakses dari http://eprints.uny.ac.id/30595/1/Dewi%20Risnaningtyas.pdf.

Dina Indriana. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta: Diva Pers. Eko Budiyono. 2017. “Efektivitas Media Kartu Bergambar Melalui Model Stad TerhadapAktivitas Dan Hasil Belajarâ€. Journal Portal Garuda diakses dari http://download.portalgaruda.org.

Joko Muhammad. 2015. “Analisis kualitas media pembelajaran insektarium dan herbarium untuk mata pelajaran biologi sekolah menengahâ€. Jurnal bioedukatika Vol.3 No.1 Mei 2015, Prog. Studi Pendidikan Biologi UAD.

Journal diakses darijournal.uad.ac.id

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia. Ni Luh Sustiawati. 2018. “Pengembangan Desain Pembelajaran Seni Tari Di Sekolah Dasar Berbasis Localgenius KnowledgeBerpendekatan Integrated Learning†MUDRA Jurnal Seni Budaya Volume 33, Nomor 1, Februari

p 128 - 143Marsudi (2012)

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Yusnizar Heniwaty. 2014. “Penggunaan multi media dalam penyusunan alur pembelajaran tari, mhs angkatan 2008/2009, prog. Studi senitari jur. Sendratasik)â€. Journal Media diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/77146-ID-none

Downloads

Published

2018-07-31

How to Cite

Rahma Pratiwi, E. Y., & Asmarani, R. . (2018). KUALITAS MEDIA CARD DANCE UNTUK PEMBELAJARAN SENI TARI DI LEMBAGA PENDIDIKAN. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i2.2534

Issue

Section

Articles
Loading...