PERBEDAAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN YANG MENGGUNAKAN DAN TIDAK MENGGUNAKAN TEKNIK PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING

  • Prihatin Sulistyowati Universitas Kanjuruhan Malang

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pembelajaran yang menggunakan dan tidak menggunakan teknik pembelajaran probing prompting  di kelas V SDN Tanjungrejo 01. Penelitian menggunakan Quasy Eksperimental Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif. Uji analisis data meliputi: uji instrumen, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar peserta didik kelas eksperimen mempunyai nilai rata-rata (84,53). (2) hasil belajar peserta didik kelas kontrol mempunyai nilai rata-rata (64,22). Hal tersebut dibuktikan dengan menggunakan uji independent sample t-test yang menunjukkan jika dilihat dari signifikan lebih kecil dari 0,05, yaitu 0,00. (0,05>0,00) jadi pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar pembelajaran yang menggunakan dan tidak menggunakan teknik pembelajaran probing prompting.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-25
How to Cite
Sulistyowati, P. (2018). PERBEDAAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN YANG MENGGUNAKAN DAN TIDAK MENGGUNAKAN TEKNIK PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2), 83 - 92. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i2.2691
Section
Articles