MORALITAS TEKS SASTRA DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP: KELAS VII SMP

MORALITAS TEKS SASTRA DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP

KELAS VII SMP

Authors

  • Fiyan Ilman Faqih Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i1.2806

Keywords:

moralitas teks sastra, buku teks Bahasa Indonesia kelas VII SMP, morality of literary text, Indonesian textbook of first year junior high school

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini ialah menjelaskan muatan nilai moral teks sastra yang ada dalam buku teks Bahasa Indonesia dan menjelaskan relevansinya dengan tujuan pembelajaran siswa SMP. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini ialah semua teks sastra yang ada di dalam buku teks kelas VII SMP. Prosedur pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi. Analisis data mencakup kegiatan pengumpulan, reduksi, penyajian data, kesimpulan sementara, verifikasi, dan kesimpulan akhir. Hasil penelitian ini ialah ditemukan tiga muatan nilai moral, yaitu psikologis, sosial, dan religius. Nilai psikologis terdiri atas cinta tanah air, tanggung jawab, cinta damai, kerja keras, disiplin, dan jujur. Nilai sosial terdiri atas ulet, menghargai prestasi, senang membantu, rasa ingin tahu, pemurah, peduli lingkungan, bersahabat dan komunikatif, adil, dan toleransi. Nilai religius terdiri atas ketakwaan dan keimanan. Nilai-nilai tersebut sesuai dengan kompetensi pembelajaran. Akan tetapi, jumlah muatan nilai spiritual hanya ada dua nilai.

Abstract
The purpose of this study is to describe the content of the values from literary texts in Indonesian textbooks and describe their relevance to learning objectives of junior high school. This type of research is descriptive research with a qualitative approarch. The data of this study are all literary texts from Indonesian textbook of first year junior high school. The procedure to collect data uses documentation studies. There six data analysis: collection, reduction, presentation, temporary conclusions, verfication, and final conclusion. The result of this study are found in three content moral: psychological, social, and religious. Psychological values: love of the homeland, responsibility, peace of mind, hard work, discipline, and honesty. Social values: tenacious, respectful achievement, love to help, curiosity, generous, caring, environmentally friendly and communicative, fair and tolerant. Religious values: piety and faith. The values are in accordance with learning competencies. However, there are very little amount of spiritual value.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cresswell, J. (2007). Qualitative Inqury & Research Design: Choosing Among. Five Approaches, 2 nd ed. Clifornia: Sage Publication.

Kemendikbud. (2017). Model Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

L.J, M. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.

Maman Suryaman. (2010). Pendidikan karakter melalui pembelajaran sastra. Cakrawala Pendidikan, XXIX(Edisi khusus Dies Natalis UNY), 112–126.

Miles, B.M. & Huberman, A. M. (2007). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Metode-Metode Baru. Jakarta: U.I Press.

Mohammad Kanzunnudin. (2012). PERAN SASTRA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan: Pendidikan Untuk Kejayaan Bangsa. Universitas Sanata Dharma, 195–204.

Nurgiyantoro, A. E. (2013). PRIORITAS PENENTUAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER REMAJA, DALAM PEMBELAJARAN SASTRA. Cakrawala Pendidikan, XXXII(3), 382–393.

Nurgiyantoro, B. (1998). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajahmada.

Nurgiyantoro, B. (2010). Sastra anak dan pembentukan karakter. Cakrawala Pendidikan, 25–40.

Nurgiyantoro, B. (2011). Wayang dan pengembangan karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 18–34.

Oemajati, B. S. (2012). Mengakrabkan Sastra. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Purwadi. (2015). PEMIKIRAN RANGGAWARSITA SEBAGAI BAHAN AJAR PENDIDIKAN KARAKTER. Jurnal Ikadbudi, 4.

Sudarsana, I. K. (2017). RELEVANSI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER. Jurnal Penjaminan Mutu, INSTITUT HINDU DHARMA NEGERI DENPASAR, 3(2), 223–236.

Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

T. lickona. (2012). Mendidik untuk Membentuk Karakter. Terjemahan Juma Abdu Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara.

Teew, A. (1984). Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Bandung: PT Dunia Pustaka Jaya.

Downloads

Published

2019-02-21

How to Cite

Faqih, F. I. (2019). MORALITAS TEKS SASTRA DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP: KELAS VII SMP. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(1), 24–40. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i1.2806

Issue

Section

Articles
Loading...