PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DI SD DENGAN MENGGUNAKAN METODE PQ4R
DOI:
https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i1.2893Keywords:
IPA, Metode PQ4R, Hasil belajar, Scinece, PQ4R Method, Learning OutcomesAbstract
ABSTRAK
Pendidikan IPA erat kaitannya dengan pembelajaran melalui benda konkret danmelalui pengalaman yang nyata. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di kelas kelas VAl-Kholiq SD Muhammadiyah 8 Surabayamenunjukkan bahwahasil belajar siswa dalam pembelajaran kompetensi dasar IPA dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan teknik PQ4R. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas V Al-Kholiq SD Muhammadiyah 5 Surabaya. Subjek penelitian sebanyak 15 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan tes. Siswa dikatakan tuntas apabila hasil belajarnya di atas KKM ≥75 dan prosentase ketuntasan belajar siswa di kelas tersebut ≥80. Pelaksanaan penelitian terdiri atas siklus I dan Siklus II dengan rentang waktu 7hari. Hasil penelitiansiklus Imenunjukkan bahwa rata-rata kelas mendapatkan nilai 75,4 dengan prosentase ketuntasan belajar siswa72%. Hal ini belum dapat dikatakan tuntas, sehingga dilakukan pembelajaran lagi di siklus II.Pada siklus IIhasil rata-rata kelas mendapat 81,8 dan hasil ketuntasan belajar siswaadalah 80%.Secara klasikal pembelajaran dikatakan tuntas.Pembelajaran menggunakan metode PQ4R dapat meningkatkan hasil belajarIPAsiswa kelas V Al-Kholiq.
ABSTRACT
Science education is closely related to learning through concrete objects and through real experience. Based on observations made in class V of Al-Kholiq Muhammadiyah 8 Surabaya Elementary School showed that student learning outcomes in basic science competency learning under the minimum completeness criteria (KKM). This study aims to improve learning outcomes using the PQ4R technique. This study used Classroom Action Research (CAR) carried out in class V Al-Kholiq Muhammadiyah 5 Elementary School Surabaya. The research subjects were 15 male students and 10 female students. Techniques for collecting data with tests. Students are said to be complete if their learning outcomes are above KKM ≥75 and the percentage of students' mastery learning in that class is ≥80. The implementation of the study consisted ofcycle I and Cycle II with a span of 7 days. The results of the first cycle study showed that the class average got a value of 75.4 with a percentage of 72% student learning completeness. This cannot be said to be complete, so learning is carried out againin cycle II. In the second cycle the results of the class average got 81.8 and the results of student learning completeness were 80%. Classical learning is said to be complete. Learning using the PQ4R method can improve the science learning outcomes of class V students of Al-Kholiq.
Downloads
References
Daryanto. (2014). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah beserta contoh-
contohnya. Yogyakarta: Gava Media.
Indrawati, T., Riyadi, & Matsuri. (2014). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PREVIEW,
QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW (PQ4R) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN. JurnalDidaktika Dwija Indria, 2(9), 1–6.
Nasution, N. H. (2017). Pengaruh model pembelajaran pq4r terhadap hasil belajar siswa
kelas X SMA materi ekosistem. Proceeding Of Biology Education, 1(1), 24–29.
Rahayu, H., & Hartati, S. (2016). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ipa Melalui Strategi
Belajar Pq4R Berbantuan Media Powerpoint. Jurnal Phenomenon (Pendidikan MIPA), 6(1), 35–44.
Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning (PAIKEM Theory And Application).Yogyakarta: Pustaka
Belajar.
Tandililing, E. (2011). Peningkatan Komunikasi Matematis Serta Kemandirian BelajarSiswa SMA
Melalui Strategi PQ4R Disertai Bacaan Refutation Text. Untan (Pendidikan IPA Dan Matematika), 2(1), 11–22.
Trianto Ibnu Badar Al-Tabany, & Tutik, T. T. (2014). Mendesain model Pembelajaran Inovatif,
Progresif, dan Konstektual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013. Jakarta: Prenadamedia Group.
Wahyuningsih, A. N. (2012). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERGAMBAR MATERI
SISTEM SARAF UNTUK PEMBELAJARAN YANG MENGGUNAKAN STRATEGI PQ4R.Journal of Innovative Science Education, 1(1), 1–9.
Widayati, A. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia, VI(1), 87–93.
Wondal, R. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Preview, Questions, Read, Reflect, Recite,
Review (Pq4r) Untuk Meningkatkanaktivitas Dan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 128–139.
Yulistiati, A., Rosyidi, A., & Ariyanto, J. (2012). Hasil belajar biologi ditinjau darimetode
pembelajaran preview, question, read, reflect, recite, review (PQ4R) dan minat belajar siswa kelas x SMA negeri 1 kebakkramat tahun pelajaran 2011/2012. BIO-PEDAGOGI Volume 1, Nomor 1, 1(1), 1–12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.
Jurnal Bidang Pendidikan Dasar allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Bidang Pendidikan Dasar