TEACHING STYLE DOSEN MATAKULIAH EVALUASI PEMBELAJARAN SD

Main Article Content

Dwi Agus Setiawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teaching style dosen pengajar matakuliah Evaluasi Pembelajaran SD di Universitas Kanjuruhan Malang. Penelitian ini Merupakan penelitian Deskriptif dengan pendekatan kualitatif Study kasus dilapangan. Setting penelitian ini Pada Mahasisiwa semester VI 2017/2018. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, kemudian ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan ketekunan pengamatan, pemeriksaan teman sejawat dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Dosen lebih sering menggunakan gaya mengajar klasik, (2) Dosen jarang menggunakan media dikarenakan membuat dan menggunakan  media itu  ribet, (3)  Dosen menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan,dan diskusi kelas (4) Dosen mengombinasikan gaya mengajar satu dengan yang lainnya. (5)karakteristik setiap masing masing dosen pengampu matakuliah memilki kompetensi mengajar yang berbeda, ada yang gaya mengajarnya klasik, interaksional dan teknologis dan personalisasi.Penelitian ini menunjukkan bahwa dosen menggunakan gaya mengajar klasik, namun diselingi dengan gaya mengajar lainnya yaitu teknologis, personalisasi dan interaksional. dosen berupaya membuat variasi gaya mengajar dalam pembelajaran, namun belum terlihat jelas.

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /data/www/ojs3.unikama.ac.id/lib/pkp/plugins/generic/usageStats/PKPUsageStatsPlugin.inc.php on line 642

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Setiawan, D. (2019). TEACHING STYLE DOSEN MATAKULIAH EVALUASI PEMBELAJARAN SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(1), 41-51. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i1.2956
Section
Articles

References

Ali, Muhammad. 2010. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung:Sinar Baru Algensindo.
Angganing, Paradika. 2011. Hubungan Antara Gaya Mengajar Guru dan Sikap Peserta Didik dengan Presatsi Belajar Peserta Didik Kelas 5 di Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta:Program S-1 Universitas Sebelas Maret.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2010. Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung:Bumi Aksara.
Moleong, L. 2006. Metodologi Penelitian Kualitati. Bandung : Remaja Rosdakarya
Musfiqon. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Rusman.2012. Model-Model Pembelajaran:Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:Rineka Cipta.
Satori, D dkk, 2012, Profesi Keguruan, Banten: Universitas Terbuka.
Satori, D dan Komariah, A. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif.
Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. bandung:Alfabeta.
Sukmadinata, Nana. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Sundayana. 2014. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bnadung:Alfabeta
Suparman, S. 2010. Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta:Pinus Book Publisher.
Suryabrata, S. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta:RajaGrafindo Persada
Thoifuri. 2013. Menjadi Guru Inisiator. Semarang:RoSAIL Media Group.
Zafi, Ashif. 2013. Klasifikasi Gaya Mengajar Guru PAI di SMAN 1
Yogyakarta Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta:Program S-1 Universitas Islam Sun