PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRCUITLEARNING BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA PESERTA DIDIK

Main Article Content

Chandra Chandra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Circuit Learning berbasis multimedia terhadap hasil belajar IPS peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah experiment dan experiment yang dipakai yaitu pre-eksperimen. Design penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one grup pre-test. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik SDN-3 Palangka dan sampelnya peserta didik kelas IV SDN-3 Palangka yang berjumlah 35 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dilihat melalui rata-rata kelas pada posttest yaitu sebesar 80 dan presentase ketuntasan peserta didik secara klasikal yaitu 100% , dari ketetapan yang sudah ditentukan yaitu untuk KKM sebesar 65 dan kriteria ketuntasan secara klasikal 85% dengan ini maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPS setelah menerapkan model pembelajaran Circuit Learning berbantuan media Microsoft Power Point.

Article Details

How to Cite
Chandra, C. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRCUITLEARNING BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA PESERTA DIDIK. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(1), 1-6. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i1.2958
Section
Articles

References

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pembelajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Priyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing
Solihatin, Etin dan Raharjo. (2012). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&G. Bandung: Alfabeta