PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Authors

  • Chandra Anugrah Putra Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • M. Andi Setiawan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i1.2958

Keywords:

circuit learning, multimedia, model, powerpoint

Abstract

Abstrak
Model pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi membuat peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran, sehingga hasil belajar IPS dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari penerapan model Circuit Learning berbantuan media power point terhadap hasil belajar IPS. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas IV SDN-4 Menteng Palangka Raya yang berjumlah 35 peserta didik. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif, kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dilihat melalui rata-rata kelas pada posttest yaitu sebesar 80 dan presentase ketuntasan peserta didik secara klasikal yaitu 100%, dari ketetapan yang sudah ditentukan yaitu untuk KKM sebesar 65 dan kriteria ketuntasan secara klasikal 85% dengan ini maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPS setelah menerapkan model pembelajaran Circuit Learning berbantuan media Microsoft Power Point. Implikasi pada penelitian ini adalah dengan penggunaan multimedia yang dilengkapi dengan audio visual dapat meningkatkan minat belajar peserta didik.

Abstract
The learning model used by teachers is less varied, making students less active in the learning process, so that social studies learning outcomes are below the Minimum Completion Criteria (KKM). This study aims to determine the effect of multimedia-based Circuit Learning models on social studies learning outcomes. The type of research used in this study was classroom action research with the subject of the study were all fourth grade students of SDN-4 Menteng Palangka Raya, totaling 35 students. Data collection techniques in this study used observation and tests. Data analysis using qualitative, quantitative data analysis. The results of this study indicate that seen through the class average at posttest is equal to 80 and the completeness percentage of students in classics is 100%, from the predetermined provisions, namely for KKM at 65 and classical completeness criteria 85% with this it can be concluded that there was an increase in social studies learning outcomes after applying the Learning Learning model assisted by Microsoft Power Point. The implication in this study is that the use of multimedia equipped with audio visual can increase students' interest in learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Dewi, D. A. P., Wiyasa, I. K. N., & Ganing, N. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD Negeri 1 Pejeng Tahun Pelajaran 2013/2014.

MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Febriana, A. (2011). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SDN KALIBANTENG KIDUL 01 KOTA SEMARANG (APPLICATION OF COOPERATIVE LEARNING MODEL TYPE MAKE A MATCH TO ENHANCE QUALITY OF LEARNING SOCIAL. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 1(2).

Ghufroni, M. Y., & Hastuti, B. (2013). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Dan Interaksi Sosial Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Problem Posing Dilengkapi Media Power Point Pada Materi Pokok Stoikiometri Kelas X Sma Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(3), 114–121.

Hakim, A. R. (2015). PENGARUH MODEL CIRCUIT LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWATEMA EKOSISTEM DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2).

Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(1).

Rambe, R. T. (2011). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRCUIT LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DALAM MEMAHAMI MATERI MENGHARGAI PENINGGALAN SEJARAH KELAS IV SDN 006 KECAMATAN SENAPELAN PEKANBARU. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Solihatin, E., & others. (2012). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara. Jakarta: PT Bumi Aksara.

WIRIANTO, W. (2017). PENERAPAN MODEL CIRCUIT LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 4 TANJUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. Universitas Mataram.

Yanti, N. W. W. (2013). Penerapan Model Pembelajaran PBL Berbantuan Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 1(2).

Downloads

Published

2019-02-21

How to Cite

Anugrah Putra, C., & Setiawan, M. A. . (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i1.2958

Issue

Section

Articles
Loading...