PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS CHARACTER BUILDING
DOI:
https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i1.2960Keywords:
karakter, Sekolah Dasar, Modul Tematik Integratif, Pendekatan Kurikulum 2013, Character Building, Integrative Thematic Module, Scientific,Abstract
Abstrak
Proses pembelajaran di SD/MI telah menggunakan kurikulum 2013 namun belum didukung bahan ajar berupa printed text selain buku dari pemerintah dan LKS yang mengedepankan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul tematik integratif dengan pendekatan kurikulum 2013 berbasis character building pada tema 9 subtema 3. Modul dikembangkan menggunakan Model Borg and Gall, dengan 10 langkah namun
peneliti hanya menggunakan 5 langkah. Uji validasi dengan ahli materi, bahasa dan media. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 1 orang guru SD dan 10 siswa SD kelas 4. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian modul layak digunakan, berdasarkan penilaian ahli materi memperoleh skor 88,51%, ahli bahasa 88,89%, ahli media 94,44% dan peer reviewer 79,41%. Modul praktis digunakan dengan perolehan skor 91,72%, dan efektif digunakan dengan perolehan skor rata-rata 83,75%. Diharapkan untuk pengguna modul tematik-integratif berbasis character building dapat dijadikan sebagai penunjang bahan ajar.
Abstract
The learning process in grade 4 using the 2013 curriculum has not been supported by teaching materials in the form of other printed texts from books and worksheets which prioritize characters. This study aims to develop an integrated thematic module with a 2013 curriculum approach based on the character of the building, and the feasibility of theme 9 sub-theme 3. The module using the Model Borg and Gall learning design model, 10 steps but researcher using only 5 steps. Validation test with material, language and media experts. The trial subjects in this study were 1 elementary school teacher and 10 elementary school grade 4 students. Data writing techniques used questionnaires. Data analysis techniques use quantitative data and qualitative data.
The results showed that the module, based on assessment, scores 88.51%, language experts 88.89%, expert media 94.44% and 79.41% peer reviewers. General module with a score of 91.72%, and can be used with an average score of 83.75%. It is expected that userof thematicintegrative modules can support teaching materials.
Downloads
References
Arikunto. (2017). Prosedur Penelitian (edisi revisi). jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2007). Prosedur Penelitian (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Hasyim, A. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan di Sekolah. yogjakarta: media akademi.
Kadir, A. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi (sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Padang: Akademia Permata.
M.Arifin, barnawi dan. (2012). strategi dan pembelajaran pendidikan karakter. yogyakarta: ar-ruzz media.
Maryani, M., & Ismaniati, C. (n.d.). Pengembangan Modul Penyusunan Rpp Tematik-integratif Berbasis Character Building Sebagai Bahan Belajar Guru SD. Jurnal Pendidikan Karakter, (2).
Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoretis dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sanjaya, W. (2010). kurikulum dan pembelajaran, teori dan praktek pengembangan KTSP. Jakarta: Kencana.
Setyowati, R., Parmin, P., & Widiyatmoko, A. (2013). Pengembangan modul IPA berkarakter peduli lingkungan tema polusi sebagai bahan ajar siswa SMK N11 Semarang. Unnes Science Education Journal, 2(2).
Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter? Jurnal Pendidikan Karakter(Vol. 1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.
Jurnal Bidang Pendidikan Dasar allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Bidang Pendidikan Dasar