PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS CHARACTER BUILDING

Main Article Content

Yulianti Yulianti

Abstract

Proses pembelajaran di SD/MI telah menggunakan kurikulum 2013 namun belum didukung bahan ajar berupa printed text selain buku dari pemerintah dan LKS yang mengedepankan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul tematik integratif dengan pendekatan kurikulum 2013 berbasis character building pada tema 9 subtema 3.
Modul  dikembangkan  menggunakan Model Borg and Gall, dengan 10 langkah namun peneliti hanya menggunakan 5 langkah. Uji validasi dengan ahli materi, bahasa dan media. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 1 orang guru SD dan 10 siswa SD kelas 4. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif.
Hasil penelitian modul layak digunakan, berdasarkan  penilaian ahli materi memperoleh skor 88,51%, ahli bahasa  88,89%, ahli media 94,44% dan peer reviewer 79,41%. Modul praktis digunakan dengan perolehan skor 91,72%, dan efektif digunakan dengan perolehan skor rata-rata 83,75%. Diharapkan untuk pengguna modul tematik-integratif berbasis character building dapat dijadikan sebagai penunjang bahan ajar.
 

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /data/www/ojs3.unikama.ac.id/lib/pkp/plugins/generic/usageStats/PKPUsageStatsPlugin.inc.php on line 642

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yulianti, Y. (2019). PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS CHARACTER BUILDING. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(1), 67-78. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i1.2960
Section
Articles

References

Hasyim, Adelina. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan di Sekolah. Yogyakarta; Media Akademi.
Kadir, Abdul. 2011. strategi belajar mengajar. Bandung;Pustaka Setia.
Prastowo, Andi.2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoretis dan Praktik. Jakarta; Kencana Prenadamedia Group.
Sudrajat, Ajat. 2015. Mengapa Pendidikan Karakter?.(Online), (https://journal.uny.ac.id) diakses 28 Desember 2017.