EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN ELF MCBRIDE MELALUI TEKNIK HITUNG CEPAT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK

Main Article Content

Dedy Setyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode pembelajaran elf mcbride melalui teknik hitung cepat terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitan ini adalah metode pre-eksperimen. Design penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one grup pre-test. Sampel dalam penelitian ini yaitu berjumlah 20 orang peserta didik yang terdiri dari 9 laki-laki dan 11 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran elf mcbride melalui teknik hitung cepat terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V SDN-3 Panarung Palangka Raya setelah pembelajaran dilakukan dengan menggunakan metode pengajaran Elf McBride melalui teknik hitung cepat. Dibuktikan dengan hasil belajar peserta didik dari pra tindakan  sampai siklus I ada peningkatan, pada pra tindakan ketuntasan klasikalnya hanya mencapai 30% dengan kriteria belum tercapai, sedangakan pada siklus I ketuntasan klasikalnya mencapai 95% dengan kriteria tercapai.
 

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /data/www/ojs3.unikama.ac.id/lib/pkp/plugins/generic/usageStats/PKPUsageStatsPlugin.inc.php on line 642

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Setyawan, D. (2019). EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN ELF MCBRIDE MELALUI TEKNIK HITUNG CEPAT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(1), 52-61. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i1.2961
Section
Articles

References

Fathani, A. H. (2009). Matematiks Praktis Gampang Memehami Materi Cepat Menyelesaikan Soal. Jogjakarta: Mitra Belajar.
McBride, Elf. (2003). MQ: Merangsang Kejeniusan matematika Anak. Jakarta: Anak Prestasi Pustaka.
Priyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing
Sari, N. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika dengan Menggunakan Tulang Napir di SDN 3 Palangkaraya Tahun Ajaran 2015-2016. Proposal Skripsi, Palangka Raya: Universitas Muhammadiyah Palangka Raya.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&G. Bandung : Alfabeta