PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ELF MCBRIDE MENGGUNAKAN TEKNIK HITUNG CEPAT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i1.2961Keywords:
ELF MCBRIDE, Teknik HItung Cepat, Matematika Sekolah Dasar, Elf Mc Bride Teaching methods, fast counting, mathematicsAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskrisikan aktivitas belajar pada peserta didik dikelas V SDN-3 Pahandut Palangka Raya dengan menggunakan metode pengajaran Elf McBride melalui teknik hitung cepat, dan (2) mengetahui peningkatan hasil belajar perkalian pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan metode pengajaran Elf McBride melalui teknik hitung cepat di kelas V SDN-3 Pahandut Palangka Raya. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek seluruh peserta didik kelas V SDN-3 Pahandut Palangkaraya berjumlah 20 orang peserta didik yang terdiri dari 9 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Analisis data kualitatif dan kuantitatif digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) aktifitas belajar peserta didik di kelas V SDN-3 Pahandut Palangka Raya pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan metode pengajaran Elf McBride melalui hitung cepat termasuk dalam kriteria aktif, dan (2) ada peningkatan hasil belajar perkalian pada mata pelajaran Matematika pada peserta didik kelas V SDN-3 Pahandut Palangka Raya setelah pembelajaran dilakukan dengan menggunakan metode pengajaran Elf McBride melalui teknik hitung cepat.
Abstract
This research aims to: (1) mendeskrisikan activity study on learners in grades V SDN-3 Pahandut Palangka Raya by using teaching methods through engineering McBride Elves count quickly, and (2) know the improvement of learning outcomes multiplication in math subjects by using the teaching method on calculating techniques through McBride Elf quickly in class V SDN3 Pahandut Palangka Raya. This type of research is research researchers used a class Act (PTK), with the subject of the whole learner class V SDN-3 Pahandut Palangkaraya amounted to 20 learners which consists of 9 men and 11 women. Data collection techniques in the study of using tests and observation. The analysis of qualitative and quantitative data used to analyze the data in this study. The results of this research indicate that: (1) learning activities of students in class V SDN-3 Pahandut Palangka Raya in the subjects of Mathematics by using teaching methods.
Downloads
References
Arikunto, S. (2007). Prosedur Penelitian (edisi revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Bintoro, H. S. (2015). Pembelajaran matematika sekolah dasar menggunakan metode jarimatika pada materi perkalian. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 72–84.
Duncan, Greg J., Dowsett, Chantelle J., Claessens, Amy, Magnuson, Katherine, Huston, Aletha C., Klebanov, Pamela, Pagani, Linda S., Feinstein, Leon, Engel, Mimi, Brooks-Gunn, Jeanne, Sexton, Holly, Duckworth, Kathryn, Japel, C. (2007). School readiness and later achievement. Developmental Psychology, 43 (6), 1428–1446.
Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa smp. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1–10.
Fathani, A. . (2009). Matematiks Praktis Gampang Memehami Materi Cepat Menyelesaikan Soal. Jogjakarta: Mitra Belajar.
Jarmita, N. (2015). No KESULITAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DALAM DASAR, PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS AWAL SEKOLAH. Pionir, 4(2), 1–16.
Maiyulita, Y. (2015). Peningkatan Kemampuan Menghitung Perkalian menggunakan tekni Jari Tangan pada pelajaran Matematika siswa Sekolah Dasar. PEDAGOGI | Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, XV(1), 24–28.
McBride, E. (2003). MQ: Merangsang Kejeniusan matematika Anak. Jakarta: Anak Prestasi Pustaka.
Novikasari, I. (2018). Menciptakan Pembelajaran Matematika SD yang Menyenangkan dan Bermakna, (February).
Priyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.
Sari N. (2016). Sari, N. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika dengan Menggunakan Tulang Napir di SDN 3 Palangkaraya Tahun Ajaran 2015-2016. Universitas Muhammadiyah Palangka Raya.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian KUantitatif, Kualitatif dan R nD. Alfabeta.
Sulistyowati, E. (2014). PERMAINAN DALAM PEMBELAJARAN PERKALIAN DI KELAS II SD / MI. Al Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 87–96.
Yeni, E. M., & Almuslim, U. (2015). Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. JUPENDAS, 2(2), 1–10
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.
Jurnal Bidang Pendidikan Dasar allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The Authors submitting a manuscript do so with the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Bidang Pendidikan Dasar