PENINGKATAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW

Authors

  • Sofiyana Rizki Universitas Kristen Satya Wacana
  • Mawardi Mawardi Universitas Kristen Satya Wacana
  • Herlina Kasih Intan Permata Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3224

Keywords:

Keterampilan Berkomunikasi, Model Jigsaw, commucation skills, jigsaw models

Abstract

Abstract

This research was aimed to overcome the low of students’ communication skills in the learning process which applied Jigsaw cooperative learning model in the class five of Tingkir Lor 02 Elementary School Tingkir sub-district Salatiga city. This classroom action research used spiral model which referred to Kemis and Mc. Tagart’ research design. This research procedure was done by implementing Jigsaw cooperative learning model which was planned by started from design arrangement, action, observation, and reflection which is then followed by the next spiral cycle. This classroom action research applied two cycles pattern. The conclusion of this research is the implementation of Jigsaw cooperative learning can improve students’ communication skills. It can be seen from the increase of communication skills average score percentage from cycle I and cycle II that is 11,78% with average score in cycle I is 75,5 increased into cycle II that is 84,4.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi rendahnya keterampilan berkomunikasi peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif  Jigsaw di kelas V di SD Negeri Tingkir Lor 02 Kecamatan Tingkir Kota Salatiga. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model spiral yang mengacu desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Prosedur penelitian ini dilaksankan dengan melaksanakan pembelajaran menerapkan model pembelajaran kooperatif Jigsaw yang dierencanakan dengan dimulai dari penyususnan rancangan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi yang kemudian diikuti dengan siklus spiral berikutnya. Penelitian tindakan  kelas ini menerapkan pola dua siklus. Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari kenaikan presentase skor rata-rata untuk ketererampilan berkomunikasi dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 11,78%, dengan skor rata-rata pada siklus I yaitu 75,5 naik di siklus II  menjadi 84,4.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, Annisa Aul, Arianto,J., dan S. S. (2017). Studi Komparasi Capaian Keterampilan Komunikasi Siswa Antara Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Disertai Praktikum dengan Model Guided Discovery pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017. In Proceeding Biology Education Conference 2 (14) (pp. 340–346).

Gaffar, A. A. (2017). Penerapan Model Jigsaw untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia. Jurnal Bio Edicatio, 2(2), 21–26.

Illa, Suryaningsih dan Nursalim, M. (2017). Penerapan Teknik Jigsaw Dalam Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa KELAS XI TEI 3 SMKN I Driyorejo. Gresik: Universitas

Negeri Surabaya.

Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Marfungah. (2017). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik melalui Model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial (JPIS), 26(2), 148–160.

Nurhaeni, Y. (2011). Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Konsep Listrik Melalui Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Pada Siswa Kelas IX SMPN 43. Bandung.

Santoso,A.P, Goeritno, Haryo dan Utami, C. T. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Pada Mahasiswa Psikologi. Prediksi, Kajian Ilmiah Psikologi,

(1), 1–10.

Vanalita, M., Jalmo, T., & M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Kemampuan Komunikasi Lisan dan Hasil Belajar Siswa. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Widyastuti, D. W. (2017). Strategi Dalam Mengembangkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Calon Konselor,. In Proseding FKIP UAD P-05 (pp. 26–32). Yogyakarta.

Wiriatmadja, R. (2014). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya. Yusmaherni. (2018). Meningkatkan Aktifitas Belajar Matematika Mate.

Yoshida, M. (2018). A Teaching Method that Promotes Scholarly Communication Communication Jigsaw: A Teaching Method that Promotes Scholarly Communication. International Journal of Emerging Technologies in

Learning (IJET), 13(10), 208–224.

Yusmaherni. (2018). Meningkatkan Aktifitas Belajar Matematika Materi Pecahan Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas IV SDN NO. 101/II Muara Bungo Kec. Pasar Muara Bungo Kab. Bungo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(IA), 23–34

Downloads

Published

2019-07-05

How to Cite

Rizki, S., Mawardi, M., & Intan Permata , H. K. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 1–8. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3224

Issue

Section

Articles
Loading...