PENGARUH MODEL SCRAMBLE BERBASIS PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

PENGARUH MODEL SCRAMBLE BERBASIS PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Tiara Adinda Universitas Kanjuruhan Malang
  • Didik Iswahyudi
  • Arnelia Dwi Yasa Universitas Kanjuruhan Malang
  • Ninik Indawati Universitas Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3354

Keywords:

Model Scramble, Puzzle, Hasil belajar, Scramble Model, Puzzle Learning Outcomes

Abstract

Abstract
This study aims to determine the significant effect of puzzle-based scramble models on student learning outcomes in Bandungrejosari 3 Elementary School Malang City. This study uses a quantitative research approach with a Quasi Experimental Design research design and Nonequivalent Control Group Design research design. The sample used in this study was all the population of students in class IV-A as many as 32 students as a control class and students of class IV-B as many as 31 students as the experimental class. The instrument used in this study was a test. Based on the results of hypothesis testing using the t test, the value of the freedom of degrees (df) N-2 is 61. The results obtained for the table are 1.670 and tcount is 7.289. Sig value.
(2-tailed) of 0,000. Because the value of tcount> ttable (7,289> 1,670) and significant 0,000 <0,05, Ha is accepted and Ho is rejected. So it can be concluded that there is an effect of puzzle-based scramble model on learning outcomes of fourth grade students in SDN Bandungrejosari 3 Malang City.

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model scrambleberbasis puzzle terhadap hasil belajar siswa di SDN Bandungrejosari 3 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Quasi Experimental Design dan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh populasi siswa kelas IV-A sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas IV-B sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai derajat kebebasan (df) N-2 sebesar 61. Hasil yang diperoleh untuk ttabel sebesar 1,670 dan thitung sebesar 7,289. Nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Karena nilai thitung > ttabel (7,289 > 1,670 ) dan signifikan 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model scramble berbasis puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN Bandungrejosari 3 Kota
Malang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyanto, M. (2016). e-ISSN: 2503-3530 p-ISSN 2406-8012 PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI KENAMPAKAN RUPA BUMI MENGGUNAKAN MODEL SCRAMBLE, 3(2), 134–140.

Dewi, Made Puspa; Putra, Andyana; Negara, O. I. G. A. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Pdeode Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Di Gugus V Kecamatan Seririt. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan

Ganesha Mimbar PGSD, 5(: 2), 1–10.

Diani, R., Yuberti, Y., & Syafitri, S. (2016). Uji Effect Size Model Pembelajaran Scramble dengan Media Video Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MAN 1 Pesisir Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni,

(2), 265. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.126

Emi Rofiah, Nonoh Siti Aminah, E. Y. E. (2013). Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika Pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 17–22.

Fadlillah. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS, & SMA/MA. Cet. 1. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Handayani, S., & Lestari, R. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 2 Satu Atap, 1–5.

Mulyasa. (2016). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putrayasa, I. M., Syahruddin, H., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–11.

Rustam, A. (2016). Improving the results of math learning through scramble cooperative model with the approach of contextual teaching improving the results of math learning through scramble cooperative model with the approach of contextual. Journal of Mathematics Education, 1(June 2017), 8. Retrieved from http://usnsj.com/index.php/JME

Setyanto A E. (2006). Memperkenalkan Kembali Metode Eksperimen dalam Kajian Komunikasi. Ilmu Komunikasi, 3(1), 37–48.

Tono, T. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Mata Pelajaran PKN Materi Pokok Demokrasi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Scramble Pada Siswa SD Negeri 1 Pakis Kecamatan Kradenan Tahun Pelajaran 2017/2018. Efektor, 5(1), 45. https://doi.org/10.29407/e.v5i1.11944

Winantara, I. W. D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tps Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd No 1 Mengwitani. Journal of Education Action Research, 1(2), 148.https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12047

Downloads

Published

2019-07-08

How to Cite

Adinda, T. ., Iswahyudi, D. ., Dwi Yasa, A., & Indawati, N. . (2019). PENGARUH MODEL SCRAMBLE BERBASIS PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 47–51. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3354

Issue

Section

Articles
Loading...