PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGENALAN NUMERIK PADA ANAK AUTIS

Main Article Content

Sabaruddin Dahlan Husen
Fenny Anggraeni
Rita Sari

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika bagi anak autis adalah mengenal dan menulis bilangan asli sampai angka 80 dengan menggunakan benda konkret. Oleh karena itu, pembelajaran di kelas sepatutnya menggunakan media ajar yang mampu mewujudkan materi abstrak ke bentuk lebih nyata yang dapat diamati oleh siswa. Kartu angka merupakan salah satu media sederhana siap pakai yang dapat dimanfaatkan pada proses pengenalan angka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaiman penggunaan media kartu untuk pengenalan angka bagi anak autis dan implementasi pola permainan media kartu untuk mengenalkan angka pada anak autis. Penelitian deskriptif dipilih sebagai metode penelitian. Instrumen yang digunakan berupa teknik observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu efektif digunakan pada anak autis untuk mengenalkan angka dan pola permainan media kartu mengikuti sintaks picture and picture. Sehingga disarankan agar guru dan orang tua dapat mengkombinasikan media kartu dengan sintaks picture and picture untuk mengenalkan angka sebagai stimulus pembelajaran matematika anak autis.

Article Details

How to Cite
Husen, S. D., Anggraeni, F., & Sari, R. (2019). PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKA UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGENALAN NUMERIK PADA ANAK AUTIS. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 15 - 24. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3375
Section
Articles

References

Ahida Suci, S. H., Rosyidah, E., Asitah, N., Aini, N., Murni, A. W., Anam, F., … Kuraesin, A. D. (2018). Learning from Picture and Picture Action Research: Enhancement of Counting Ability on Division of Numbers for Primary School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1114(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1114/1/012044
Budhiman, M. (1997). Gangguan perkembagan pada anak. Jakarta: Yayasan Autism Indonesia.
Citra Dirna, F. (2012). Meningkatkan Ketahanan Duduk Siswa Hiperaktif Melalui Media Mozaik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(September), 320–331.
Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan; Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kuantitatif dan Kualitatif (Cetakan I). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hakim, A. R. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Visual Dalam Upaya Mengembangkan Kecerdasan Emosi Pada Anak Autis Jenjang Pendidikan SMP Di SLB Bina Anggita Yogyakarta, (December).
Handojo, Y. (2006). Autisme (Keempat). Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer.
Huda, M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Istarani. (2011). 58 Model Pembelajaran Inovatif (Reverensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran). Medan: Media Persada.
Lubis, R. R., Studi, P., Dasar, P., Pascasarjana, P., Negeri, U., Model, P., & Picture, P. (2017). Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, 417–420.
Mahmud, M. (2010). Anak Autis. Penelitian, 1–14.
Miarso, Y. H. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Noname. (2017). Kompetensi Inti dan Kompetensi dasar Matematika SDLB. Retrieved from https://infopendidikanslb.blogspot.com/2017/11/ki-dan-kd-autis-revisi-2017.html
Permendiknas. PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 70 TAHUN 2009 TENTANG PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI PESERTA DIDIK YANG MEMILIKI KELAINAN DAN MEMILIKI POTENSI KECERDASAN DAN/ATAU BAKAT ISTIMEWA (2009). Indonesia. Retrieved from https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/11/Permen-No.-70-2009-tentang-pendidiian-inklusif-memiliki-kelainan-kecerdasan.pdf
Puspito, P. (2015). Kebijakan Pendidikan Inklusi di Indonesia. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Rahayu. (2014). Deteksi dan Intervensi Dini Pada Anak Autis. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 1–17.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Sunarya. (2009). Manajemen Pendidikan Inklusif (Konsep, Kebijakan, dan Implementasinya dalam perspektif Pendidikan Luar Biasa). Bandung: Jurusan PLB FIP UPI.
Tim. (2004). Indonesia menuju pendidikan inklusif. Kemendikbud.
Tolentino, R. . (2016). Improving Math Skills of Special Education Students. International Journal of Advanced Research in Education & Technology (IJARET) Improving, 3(2).
Warwick, A. (2016). Book Review: Children with Autism: Diagnosis and Interventions to Meet Their Needs. British Journal of Music Therapy, 10(2), 38–39. https://doi.org/10.1177/135945759601000208