PROFIL KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR BERKEMAMPUAN TINGGI DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA

PROFIL KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR BERKEMAMPUAN TINGGI DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA

Authors

  • Ana Puspita Maulidina Universitas NU Surabaya
  • Sri Hartatik Universitas NU Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3408

Keywords:

Kemampuan Numerasi, Memecahkan Masalah, Matematika, Numerical Ability, Problem Solving, Mathematics

Abstract

ABSTRACT
This study aimed to discover the numerical ability of students SD the high-ability in solving mathematical
problems This study used a qualitative method. The subject of this study were one students of class II-B SDI Sunan Ampel II Trosobo with a numerical ability test. The instruments used to collect data were in the form of
mathematical abilities tests, numeracy ability tests, and interview sheets. Based on the results of the numerical
ability test, it showed, The high-ability subjects were able and correct in using a variety of numbers or symbols
associated with basic mathematics to solve problems in various contexts of daily life; were able to analyze
information displayed in various forms (charts, tables, charts, diagrams and so on); and were able to interpret the results of the analysis to predict and make good decisions.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan numerasi siswa SD berkemampuan tinggi  dalam memecahkan masalah matematika Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, subjek penelitian ini yaitu 1 siswa kelas II-B SDI Sunan Ampel II Trosobo dengan diberikan tes kemampuan numerasi. Instrumen yang akan digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes kemampuan matematika, tes kemampuan numerasi, dan lembar wawancara. Berdasarkan hasil tes kemampuan numerasi menunjukkan, pada subjek berkemampuan tinggi mampu dan benar dalam menggunakan berbagai macam angka atau simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari, mampu menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, diagram dan lain sebagainya), dan mampu menafsirkan hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan dengan baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Han, W., Santoso, D., & dkk. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Nurul. (2018). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Dalam Bentuk Soal Cerita Bangun Datar Menggunakan Tahapan Polya di SD AL-HIKMAH Simo Kalanagan Surabaya.

Qasim, Kadir, & Awaludin. (2015). Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Negeri DiKabupaten Buton Utara. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Volume 3 No 3 .

Roebyanto, G., & Harmini, S. (2017). Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, & Wina. (2013). Penelitian Pendidikan, Jenis Metode dan Prosedur. Jakarta: Prenada Media Group

Downloads

Published

2019-07-10

How to Cite

Maulidina, A. P., & Hartatik, S. (2019). PROFIL KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SEKOLAH DASAR BERKEMAMPUAN TINGGI DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 61–66. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3408

Issue

Section

Articles
Loading...