PENGEMBANGAN SCRAPBOOK TEMA 6 MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN SUBTEMA 1 HEWAN DI SEKITAR PADA KELAS 2 SD

PENGEMBANGAN SCRAPBOOK TEMA 6 MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN SUBTEMA 1 HEWAN DI SEKITAR PADA KELAS 2 SD

Authors

  • Arina Restian PGSD-UMM
  • Izar Alfian Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i1.3412

Keywords:

Development, Scrapbook, thematic, care for animals and plants, pengembangan, Scrap Book, Tematik, merawat hewan

Abstract

Abstract
Students that there is more focused in learning by using the use pictorial, then it needs a the media images that are interesting for the purpose make students more focused.The condition of the abstract in learning make students fail to understand the material the animals around. Based on the problems that has been mentioned, the using learning can increase motivation. Student learning an increase in student learning motivation requires an act that sitematis. The act of those with the use of the media learning scrapbook. This study attempts to ( 1 ) described the using scrapbook on the theme scrapbook 6 subtheme 1 thematic learning class 2 elementary school ( 2 ) described response students against scrapbook media on the theme 6 subtheme 1 learning 2. primary school class. The first test of the validation with the media including the validation 92% thus very valid unnecessaryrevision. The analysis of the second of the matter is the validation with the 95 % with information is very effective and do not need revision. The analysis of data the third of the learning with the survey results 92 % with information is very effective and do not need revision.And analysis from last of the survey response students get the result 95 % with information is very valid and do not need revision.We can conclude that is very valid media scrapbook thematic used in learning.

 

Abstrak

Bahwa dikatakan siswa lebih fokus dalam pembelajaran dengan menggunakan media bergambar, maka diperlukan sebuah media gambar yang menarik dengan tujuan membuat siswa lebih fokus. Kondisi yang abstrak dalam pembelajaran membuat siswa sulit memahami materi hewan di sekitar dalam pembelajaran.  Berdasarkan permasalahan yang telah dikemukakan, media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar siswa memerlukan suatu tindakan yang sitematis. Tindakan tersebut berupa pemanfaatan media pembelajaran Scrapbook.Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan media Scrapbookpada tema 6 subtema 1 pembelajaran tematik kelas 2 sekolah dasar. (2) Mendeskripsikan respon siswa terhadapmedia Scrapbookpada tema 6 subtema 1 pembelajaran kelas 2 sekolahdasar.Perolehan hasil uji validasi pertama dari ahli media yaitu dengan perolehan hasil validasi 92% dengan keterangan sangat valid tidak perlu revisi. Hasil analisis kedua dari ahli materi yaitu dengan perolehan hasil validasi 95% dengan keterangan sangat efektif dan tidak perlu revisi. Hasil analisis data ketiga dari angket ahli pembelajaran dengan perolehan hasil 92% dengan keterangan sangat efektif dan tidak perlu revisi. Dan hasil analisis terakhir dari angket respon siswa memperoleh hasil 95% dengan keterangan validdan tidak perlu revisi. Dapat disimpulkan bahwa media scrapbook menarik dan validdigunakan dalam pembelajaran tematik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Akbar, Sa’dun. 2016. Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bandung; Remaja Rosdakarya Arina,

Restian. 2015. Psikologi Pendidikan. Malang: UMM Press.

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Asyhar, Rayanda. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta

Danim, Sudarwan. 2010. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

Depdikbud. (2015). Petunjuk Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud.

Jensen, E. (2011). Pemelajaran Berbasis-Otak. Paradigma Pengajaran Baru. Jakarta: PT Indeks.

Kovalik, S., K. O. (1994). ITI: The Model. Integrated Thematic Instruction. (3rd ed.). Wasington: Books for Educators.

Murjainah. 2016. Pengembangan Digital Scrapbook Pembelajaran Geografi Dengan Kompetensi Dasar Menganalisis Kecenderungan Perubahan Litosfer Di Muka Bumi Di Kelas X Sekolah Menengah Atas. Jurnal Dosen

Universitas PGRI Palembang. Palembang: Universitas PGRI Palembang.

Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press

Nurdiana, Indah. Hubugan Penggunaan Media Scrapbook dengan Motivasi belajar Geografi Siswa Kelas VII SMP Negeri 41 Palembang. Palembang:

Prawiradilaga, Dewi. 2008. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sardiman, A. . (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sutarti, T., & Irawan, E. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Deepublish.

Syaifuddin, M. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik di Kelas 2 SD Negeri Demangan Yogyakarta. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 139–144.

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL, Pub. L. No. 20 (2003). Indonesia.

Usman, A. (2015). Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Lingkungan untuk Perolehan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi di SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3).

Wahyuni, H. T., Setyosari, P., & Kuswandi, D. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 129–136.

Wardhani, S. W. (2018). Pengembangan Media Scrapbook Pada Materi Pengelompokan Hewan Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Sekolah, 2.

Downloads

Published

2020-01-27

How to Cite

Restian, A. ., & Alfian, I. (2020). PENGEMBANGAN SCRAPBOOK TEMA 6 MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN SUBTEMA 1 HEWAN DI SEKITAR PADA KELAS 2 SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(1), 28–37. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i1.3412

Issue

Section

Articles
Loading...