PENERAPAN NILAI KERJA KERAS DAN TANGGUNGJAWAB DALAM EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SEKOLAH DASAR

PENERAPAN NILAI KERJA KERAS DAN TANGGUNGJAWAB DALAM EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ludovikus Bomans Wadu Universitas Kanjuruhan Malang
  • Ulfa Samawati Universitas Kanjuruhan Malang
  • Iskandar Ladamay Universitas Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i1.3571

Keywords:

kerja keras, tanggungjawab, Ekstrakurikuler Pramuka, Harwdwork, Responsibility, Scout Extracurricular

Abstract

Abstract
The result of the observations at school illustrates that students are not serious in learning and doing things less effectively. The purpose of this study is to know the application of the character value of students’ hard work and responsibility in Scout Extracurricular at the elementary school level. This study uses a qualitative research approach, descriptive research type, observation, interviews, and documentation techniques to collect the data, data presentation, data reduction, and taking conclusions / verification, checking the validity of the findings using triangulation sources and methods. Based on the results of this study, it is found that the application of the value of the students’ hard work is carried out through learning, habituation, and school extracurriculars, whereas in Scout Extracurricular it is carried out in integrated activities, practices, competitions, and outdoor activities which have an impact on the development of character values and improvement in student achievement, suggestions from researchers aimed at teachers, students, and subsequent researcher.

abstrak

Hasil observasi di Sekolah Dasar Malang menunjukkan bahwa di sekolah banyak ditemui peserta didik yang kurang bersungguh-sungguh dalam belajar dan melakukan segala sesuatu dengan kurang maksimal. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan nilai karakter kerja keras dan tanggungjawab dalam Ekstrakurikuler Pramuka di sekolah dasar Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, jenis penelitian deskriptif, pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi, pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan nilai kerja keras dilaksanakan melalui pembelajaran, pembiasaan, dan ekstrakurikuler sekolah, sedangkan dalam Ekstrakurikuler Pramuka dilaksanakan dalam kegiatan terpadu, praktik, kompetisi, dan kegiatan di alam terbuka yang berdampak pada perkembangan nilai karakter serta peningkatan prestasi peserta didik, saran dari peneliti ditujukan pada guru, peserta didik, dan peneliti selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, A. N. (2014). Pendidikan karakter untuk siswa sd dalam perspektif islam. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 50–58.

Aji. 2016. Pendidikan Karakter dalam Ekstrakurikuler Pramuka di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 1 (1), (Online),(http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/sakp/article/download/142

/1293), diakses pada 29 Apri 2019

Baroroh, K. (2011). Upaya Meningkatkan Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Penerapan Metode Role Playing. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(2), 149–163.

Dahliyana, A. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di Sekolah. Jurnal Sosioreligi, 15(1), 54–64.

Damanik, S. A. (2014). Pramuka Sebagai Ekstrakurikuler Wajib. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 13(2), 16–21.

Ghufron, A. (2010). Integrasi nilai-nilai karakter bangsa pada kegiatan pembelajaran. Cakrawala Pendidikan, 3(21), 13–24.

Giwangsa, S. F. (2018). Pentingnya Pendidikan Moral dalam Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 26– 40.

Gunawan. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Ikhwanuddin. (2012). Implementasi Pendidikan Karakter Kerja Keras Dan Kerja Sama Dalam Perkuliahan. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(2), 153–163. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1300/1081

Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(III), 280–289.

Julaiha, S. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Dinamika Ilmu, 14(2), 226–239.

Koesoema. (2007). Koesoema, 2007. In Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Grasindo.

Kurniawan. 2013. Pendidikan Karakter Konsepsi dan Implementasi Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Maftuh, B. (2008). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dan Nasionalisme Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Educationist, II(2), 135–146.

Muryaningsih, S., & Mustadi, A. (2015). Pengembangan Rpp Tematik-Integratif Untuk Meningkatkan Karakter Kerja Keras Di Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, 3(2), 190–201. Retrieved from

https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/6146/pdf

Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 229–238.

Samani & Hariyanto. 2017. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rizky, S. (2012). Buku Tunas, Mengenal Pramuka Indonesia. Jogja Bangkit Publisher.

Santosa, S., & Hikmah, A. N. ailil. (2015). Upaya pembentukan karakter siswa melalui kegiatan ekstra kurikuler pramuka di sdit salsabila 2 klaseman sinduharjo ngaglik sleman. Jurnal Pendidikan Dasar Isla, 7(1), 63–74.

Suharyanto, A. (2013). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membina Sikap Toleransi Antar Siswa. Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik, 1(2), 192–203.

Supardi, U. S., Haryanto, & Suhendri, H. (2014). Efektivitas Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Bangsa. Edutech, 1(3), 374–385.

Taneo, P. N. L., Suyitno, H., & Wiyanto. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Karakter Kerja Keras Melaluimodel Savi Berpendekatan Kontekstual. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(2), 122–

Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/9839

Wadu, L. B., & Jaisa, Y. (2017). Pembinaan Moral Untuk Memantapkan Watak Kewarganegaraan Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 2(2), 131–139. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21067/jmk.v2i2.2256

Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 232–245. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/12055/8602

Yanti, N., Adawiah, R., & Matnuh, H. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(11), 963–970.

Yaumi. (2014). yaumi. In Pendidikan Karakter Landasan, Pilar, dan Implementasi.

Jakarta: Prenadamedia Group.

Downloads

Published

2020-04-02

How to Cite

Wadu, L. B., Samawati, U., & Ladamay, I. (2020). PENERAPAN NILAI KERJA KERAS DAN TANGGUNGJAWAB DALAM EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(1), 100–106. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i1.3571

Issue

Section

Articles
Loading...