PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OEL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI ALAT PENCERNAAN MANUSIA PADA SISWA KELAS V SDN KERTOSARI I MADIUN

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OEL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI ALAT PENCERNAAN MANUSIA PADA SISWA KELAS V SDN KERTOSARI I MADIUN

Authors

  • Naniek Kusumawati Universitas PGRI Madiun
  • Vivi Rulviana Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i1.3821

Keywords:

Model Pembelajaran OEL, Keterampilan Proses Sains, Aktivitas, OEL Learning Model, Science Process Skills

Abstract

Abstract
This research is a classroom action research. The subject of this study was a fifth grade student at SDN Kertosari I Madiun. The results of the research in the first cycle showed the average results of observations of student activities obtained by the percentage of 56.25% with sufficient categories, the percentage of teacher activity 84.37% in the good category. In the second cycle the average percentage of teacher activity was 100% with a very good category, the percentage of 93.75% student activity was very good category. From the completeness of learning outcomes can be compared to the increase, namely from the Pre Cycle, Cycle I and Cycle II amounted to 9.5%, 67.8% and 84.04%. This has met the predetermined indicators of success with a minimum value of 70 learning outcomes and classical completeness already achieve a minimum indicator of success of ≥ 75%. Based on the results of these studies, it can be concluded that the OEL Learning Model can improve the science process skills of human digestive tract material in fifth grade students of SDN Kertosari I Madiun.

Abstrak

Penelitian  ini  merupakan  penelitian  tindakan  kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kertosari I Madiun. Hasil penelitian pada siklus I  menunjukkan  rata-rata  hasil  observasi  aktivitas siswa diperoleh  persentase  56.25%  dengan  kategori  cukup,  persentase  aktivitas  guru 84.37% kategori baik.  Pada  siklus  II  diperoleh  rata-rata  persentase  aktivitas  guru sebesar  100 %  dengan  kategori  sangat baik,  persentase  aktivitas  siswa 93,75 %  kategori sangat baik. Dari ketuntasan hasil belajar dapat dibandingkan peningkatannya yaitu dari Pra Siklus, Siklus I dan Siklus II adalah sebesar 9.5%, 67.8% dan 84.04%.Hal  ini  telah  memenuhi  indikator  keberhasilan  yang  telah ditetapkan dengan nilai rata-rata hasil belajar minimal 70 dan ketuntasan klasikal sudah mencapai indikator keberhasilan minimal ≥ 75 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka bisa disimpulkan bahwa Model Pembelajaran OEL dapat meningkatkan keterampilan proses sains materi alat pencernaan manusia pada siswa kelas V SDN Kertosari I Madiun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara

Dimyati dan Mujiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2006). Permendiknas RI No. 22 tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Huda,Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nur, M. (2003). Buku Panduan Keterampilan Proses dan Hakikat Sains. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Nurina, dkk. 2015. Keefektifan Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Problem Posing dan Pendekatan Open-Ended Ditinjau Dari HOTS. Yogyakarta: UNY.

Pardhan, H. (2000). Inquiry, Process Skills and Thinking in Science. Soi Child No 2, 8-9.

Rahmawati, ES Yeni. 2014. Keefektifan Pendekatan Open-Ended Dan Ctl Ditinjau Dari Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Volume 1, http://download.portalgaruda.org/article.php?article=105343&val=1342 (diakses pada tanggal 26 April 2019).

Semiawan, Cony. (1992). Pendidikan Keterampilan Proses. Jakarta: Gramedia

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Undang-Undang Republik Indonesia, 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Downloads

Published

2020-01-28

How to Cite

Kusumawati, N., & Rulviana, V. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OEL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI ALAT PENCERNAAN MANUSIA PADA SISWA KELAS V SDN KERTOSARI I MADIUN. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(1), 58–69. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i1.3821

Issue

Section

Articles
Loading...