SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA GURU SDN TLOGOMAS 2

SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA GURU SDN TLOGOMAS 2

Authors

  • Sutiyono .

DOI:

https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i1.4073

Keywords:

Supervisi Akademik, Kompetensi Guru, Perangkat Pembelajaran, Academic Supervision, Teacher Competence, Learning Tools

Abstract

Abstract
This study aims to describe the academic supervision to improve the competence of teachers in developing learning tools for teachers at SDN Tlogomas 2. This study uses a two-cycle school action research (PTS). Each cycle goes through stages: planning, implementing, observing, and reflecting. The research instruments used were interview and observation instruments. Indicators of success in this study if the teacher competency in compiling learning tools achieve an average value of 75. The results of the study showed that the pre-cycle reached an average value of only 60.45. Considering the results were not satisfactory, the first cycle of research was conducted which reached an average value of 73.88. After reflection and coaching the results of observations held in the second cycle has increased reaching an average value of 82.22. Based on existing data
it can be concluded that academic supervision can improve teacher competence in developing learning tools for teachers in SDN Tlogomas 2.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskriksikan tentang supervise akademik untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran pada guru SDN Tlogomas 2. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah (PTS) atau bisa disebut penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus melalui tahapan : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrument wawancara dan instrument observasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika komptensi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran mncapai nilai rata-rata 75.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada prasiklus mencapai rata-rata nilainya hanya 60,45. Mengingat hasilnya belum memuaskan maka diadakan penelitian siklus I yang mencapai rata-rata nilainya 73,88. Setelah diadakan refleksi dan pembinaan hasil observasi pada siklus II mengalami peningkatan mencapai rata-rata nilainya 82,22  Berdasarkan data yang ada dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun perangkat pembelajaran pada guru SDN Tlogomas 2.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2006). Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Banun, S. M. (2009). Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.

Hakim, L. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tah U N 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya (2009).

Peraturan, Nasional, M. P., & Indonesia, R. Standar Kepala Sekolah/Madrasah, Pub. L. No. 13, 1 (2007).

Purwanto, N. (2010). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sagala, S. (2010). Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen, Pub. L. No. 14 Tahun 2005 (2005).

Downloads

Published

2020-01-27

How to Cite

Sutiyono. (2020). SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA GURU SDN TLOGOMAS 2. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(1), 17–27. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i1.4073

Issue

Section

Articles
Loading...