Pengembangan Media Puppet Book Berbasis Pembelajaran Multiliterasi Pada Siswa Sekolah Dasar

Pengembangan Media Puppet Book Berbasis Pembelajaran Multiliterasi Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ayi Solihat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Nana Hendracipta Universitas Sultan Ageng Tirtaysa
  • Rina Yuliana Universitas Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4291

Keywords:

learning media, media pembelajaran, multiliteration, puppet book

Abstract

Abstract: Books as a medium of literacy are presented normally, making students less interested. Developing puppet media needs to be done. This research aims to develop Puppet Book media. This research method, R&D with Borg and Gall research design. The results of the study were in the form of a one-horned rhinoceros puppet learning media complete with books and audio attached to the puppets. The results of the validation of media experts (average value 90.285%), linguists (average value 99.167%), material experts (average value 92.105%). The results of validation (media, language, material) with a very decent category. The results of the questionnaire responses of students in field trials showed 96.41% with very good criteria. Based on these results, the final product in the form of a puppet book based on multiliteration learning is suitable for the learning activities of fourth grade elementary school students.

Abstrak: Buku sebagai media literasi yang disajikan biasa, membuat peserta didik kurang tertarik. Pengembangkan media puppet perlu dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Puppet Book. Metode penelitian ini, R&D dengan desain penelitian Borg and Gall. Hasil penelitian berupa media pembelajaran puppet badak bercula satu yang dilengkapi buku serta audio yang terpasang pada puppet. Hasil validasi ahli media (nilai rata- rata 90,285%), ahli bahasa (nilai rata- rata 99,167%), ahli materi (nilai rata- rata 92,105%). Hasil validasi (media, bahasa, materi) dengan kategori sangat layak. Hasil angket respon siswa pada uji coba lapangan menunjukan 96,41% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, produk akhir berupa puppet book berbasis pembelajaran multiliterasi layak digunakan untuk kegiatan belajar siswa kelas IV SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Literasi Berbasis Konsep Multiliterasi, Integratif, dan Berdiferensiasi (MID) di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13283

Arikunto. (2019). Metodelogi Penelitian, Suatu Pengantar Pendidikan. In Rineka Cipta, Jakarta.

Chrisyarani, D. D. (2018). Pengembangan Media Boneka Tangan dengan Metode Bercerita untuk Siswa Kelas V SDN Sudimoro 2 Kabupaten Malang. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2199

Joko Sulianto, Mei Fita Asri Untari, & Fitri Yulianti. (2014). Media Boneka Tangan Dalam Metode Berceritera Untuk Menanamkan Karakter Positif Kepada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.33830/jp.v15i2.419.2014

Ngalim Purwanto. (2009). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. In PT Remaja Rosdakarya.

Prananta, Yunina Resmi; Setyosari, Punandji; Santoso, A. (2017). Pengembangan Media Boneka Tangan Berbasis Digital Storytelling. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i5.10332

Pratiwi, I. (2017). Pengaruh Literasi Ekonomi, Kelompok Teman Sebaya Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Untuk Produk Fashion Di Online Shop Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.19994

Ratnawati, L. A. (2018). The Implementation Of School Literacy Program In Bhayangkara Elementary School Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Riduwan. (2010). Dasar Dasar Statistika. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. In Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.14814/phy2.12093

Solikhah, M., Sari, A. K., & Nurtamam, M. E. (2015). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Brayublandong Mojokerto. Pedagogia: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i2.17

Sudjana. (2016). Metoda statistika.Bandung : PT. Tarsito.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1016/j.drudis.2010.11.005

Sukitman, T. (2013). Konsep Pembelajaran Multiple Intelligence Dalam Pendidikan Ips Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah.

Tim GLN Kemendikbud. (2017). Literasi Digital. In Gerakan Literasi Nasional.

Fakhrudin, Ali, & Inayati, Arini Uly. (2015). Pengembangan Media Boneka Tangan pada Tema Lingkungan Kelas II SD Negeri 02 Medayu Kabupaten Pemalang. Paper presented at the Seminar Nasional Ilmu Pendidikan UNS 2015.

Senen, Anwar, Ameliandari, Dea Resti, Pujiastuti, Pratiwi, & Purwanti, Tusta Rika. (2020). Developing a Hand Puppet Book Media to Improve the Higher Order Thinking Skill and Character of Elementary School Students. Paper presented at the International Conference on Educational Research and Innovation (ICERI 2019).

Downloads

Published

2020-07-10

How to Cite

Solihat, A., Hendracipta, N., & Yuliana, R. (2020). Pengembangan Media Puppet Book Berbasis Pembelajaran Multiliterasi Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 134–144. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4291

Issue

Section

Articles
Loading...