Analisis Gaya Belajar Siswa ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) di Madrasah Inklusi Lombok Barat

Analisis Gaya Belajar Siswa ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) di Madrasah Inklusi Lombok Barat

Authors

  • Arif Widodo Universitas Mataram http://orcid.org/0000-0002-1411-6464
  • Aisa Nikmah Rahmatih Universitas Mataram
  • Setiani Novitasari Universitas Mataram
  • Nursaptini Nursaptini Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4434

Keywords:

ADHD, kinesthetic, visual, auditory

Abstract

Abstract: The learning styles of each student are different, and ADHD children are no exception. The purpose of this study is to explain the types of learning styles that ADHD children have. Qualitative research design. Data collection uses surveys. ADHD student research subject at MI NW Tanak Beak. This location was chosen because it has quite a lot of ADHD students. The instruments used were questionnaire, observation guide and interview guide. The main problems that will be examined in this study are how the learning styles that ADHD students have, and how the learning methods are carried out by the teacher. Findings in this study 81% of students have a kinesthetic learning style, 14% a visual learning style, and 5% an auditory learning style. The teacher designs learning into practical learning, observation and outdoor learning.                                          

Abstrak: Gaya belajar tiap siswa berbeda, tidak terkecuali dengan anak ADHD. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan jenis gaya belajar yang dimiliki anak ADHD. Desain penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan survei. Subjek penelitian siswa ADHD di MI NW Tanak Beak. Lokasi ini dipilih karena memiliki siswa berkategori ADHD cukup banyak. Instrument yang digunakan berupa angket, panduan observasi dan panduan wawancara.  Permasalahan utama yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana gaya belajar yang dimiliki siswa ADHD, dan bagaimana metode pembelajaran yang dilakukan guru. Temuan dalam penelitian ini 81% siswa memiliki gaya belajar kinestetik, 14% gaya belajar visual, dan 5% gaya belajar auditori. Guru mendesain pembelajaran menjadi pembelajaran praktik, observasi dan pembelajaran outdoor

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alkaff, M., Khatimi, H., Sari, Y., Darmawan, P., & Primananda, R. (2019). Sistem Pakar Berbasis Android untuk Mendeteksi Jenis Perilaku ADHD pada Anak. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(2), 135. https://doi.org/10.25126/jtiik.2019621265

Anwar, K., & Sitompul, H. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Hadits Siswa Kelas VII MTS. Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah Medan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(2), 164–176.

Chania, Y., Haviz, M., & Sasmita, D. (2017). Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas X Sman 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Sainstek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 8(1), 77. https://doi.org/10.31958/js.v8i1.443

Desiningrum, D. R. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain.

Erinta, D., & Budiani, M. S. (2012). Efektivitas penerapan terapi permainan sosialisasi untuk menurunkan perilaku impulsif pada anak dengan attention deficit hyperactive disorder (ADHD). Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 3(1), 67. https://doi.org/10.26740/jptt.v3n1.p67-78

Gilakjani, A. P. (2012). Visual , Auditory , Kinaesthetic Learning Styles and Their Impacts on English Language Teaching. Journal of Studies in Education, 2(1), 104–113. https://doi.org/10.5296/jse.v2i1.1007

Haryati, L. F., Radiusman, Nurmawanti, I., Anar, A. P., & Widodo, A. (2020). Optimalisasi penggunaan media pada anak berkebutuhan khusus di MI NW Tanak Beak Narmada. Progres Pendidikan, 1(2), 88–97.

Hersi, M. S. M. S. (2016). The Identification Process & Tools for Gifted and Talented Students (The British University in Dubai). Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/95e9/90bed8a61a2f8c00f9284c3af8fb906b70e4.pdf

Indraswati, D., Widodo, A., Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Erfan1, M. (2020). Implementasi Sekolah Ramah Anak dan Keluarga di SDN 2 Hegarsari, SDN Kaligintung, dan SDN 1 Sangkawana. JKKP : Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan, 7(1), 51–62.

Khoeron, I. R., Sumarna, N., & Permana, T. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Produktif. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 291–297. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i2.3816

Nursaptini, Syazali, M., Sobri, M., Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Profil kemandirian belajar mahasiswa dan analisis faktor yang mempengaruhinya: komunikasi orang tua dan kepercayaan diri. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 7(1), 1–30. Retrieved from https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/article/view/711/pdf

Priyatna, A. (2013). Pahami Gaya Belajar Anak. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Rahmawati, E. N., Rahmawati, W., & Andarini, S. (2014). Binge eating dan status gizi pada anak penyandang attention deficit/hyperactivity disorder (ADHD). Indonesian Journal of Human Nutrition, 1(1), 1–13. Retrieved from https://ijhn.ub.ac.id/index.php/ijhn/article/view/94/100

Rofiah, K., Ardianingsih, F., Mahmudah, S., Niratama, F., & Nugraheni, B. S. D. (2019). Software deteksi anak adhd (attention deficit and hyperactive disorder) bagi guru pembimbing khusus (GPK) di sekolah penyelenggara inklusi. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 1(2), 154. https://doi.org/10.26740/inklusi.v1n2.p154-160

Saloviita, T. (2020). Attitudes of Teachers Towards Inclusive Education in Finland. Scandinavian Journal of Educational Research, 64(2), 270–282. https://doi.org/10.1080/00313831.2018.1541819

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tichá, R., Abery, B., Johnstone, C., Poghosyan, A., & Hunt, P. (2018). Inclusive Education Strategies: A Textbook. Retrieved from https://www.unicef.org/armenia/media/3501/file/Inclusive education strategies_Textbook_2018.pdf

Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya Mengetahui Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(1). https://doi.org/10.18551/erudio.2-1.2

Widodo, A. (2020a). Nilai Budaya Ritual Perang Topat Sebagai Sumber Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 5(1), 1–16. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v5i1.6359

Widodo, A. (2020b). Penyimpangan Perilaku Sosial Ditinjau dari Teori Kelekatan Bowlby (Studi Kasus Terhadap Anak Tenaga Kerja Wanita di Lombok Barat). ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 2(1), 35–50. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.19105/ejpis.v1i2.3187

Widodo, A., Akbar, S., & Sujito, S. (2017). Analisis nilai-nilai falsafah Jawa dalam buku pitutur luhur budaya Jawa karya Gunawan Sumodiningrat sebagai sumber belajar pada pembelajaran IPS. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 11(2), 152–179. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/download/1887/1489/

Widodo, A., Haryati, L. F., Maulyda, M. A., Umar, & Erfan, M. (2020). Proses identifikasi peserta didik berkebutuhan khusus di MI NW Tanak Beak Kabupaten Lombok Barat. Progres Pendidikan, 1(2), 63–71. Retrieved from http://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/download/10/11

Widodo, A., Husniati, H., Indraswati, D., Rahmatih, A. N., & Novitasari, S. (2020). Prestasi belajar mahasiswa PGSD pada mata kuliah pengantar pendidikan ditinjau dari segi minat baca. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(1), 26–36. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i1.3808

Widodo, A., Indraswasti, D., Erfan, M., Maulyda, M. A., & Rahmatih, A. N. (2020). Profil minat baca mahasiswa baru PGSD Universitas Mataram. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 34. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.5968

Widodo, A., Indraswati, D., Novitasari, S., Nursaptini, N., & Rahmatih, A. N. (2020). Interest of Learning Local Script Sasambo PGSD Students University Mataram. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(3). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v9i3.7895

Widodo, A., Indraswati, D., Radiusman, R., Umar, U., & Nursaptini, N. (2019). Analisis Konten HOTS dalam Buku Siswa Kelas V Tema 6 “ Panas dan Perpindahannya †Kurikulum 2013. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 12(1), 1–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18860/mad.v12i1.7744

Widodo, A., Indraswati, D., & Sobri, M. (2019). Analisis Nilai-Nilai Kecakapan Abad 21 dalam Buku Siswa SD/MI Kelas V Sub Tema 1 Manusia dan Lingkungan. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 125. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v8i2.3231

Widodo, A., Indraswati, D., Sutisna, D., Nursaptini, N., & Novitasari, S. (2020). Identifikasi Bakat Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) di Madrasah Inklusi Kabupaten Lombok. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 3(2), 102. https://doi.org/10.26740/inklusi.v3n2.p102-116

Widodo, A., & Nursaptini. (2020). Problematika Pendidikan Karakter Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus Terhadap Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusif di Lombok Tengah). J E N D E L A P E N D I D I K A N, 9(2), 129–135. Retrieved from http://journal.unigres.ac.id/index.php/JendelaPendidikan/article/view/990/0

Yanofiandi, & Syarif, I. (2009). Perubahan neuroanatomi sebagai penyebab ADHD. Majalah Kedokteran Andalas, 33(2), 179–186. https://doi.org/https://doi.org/10.22338/mka.v33.i2.p%25p.2009

Yosephine, C. M., Herini, E. S., & Gamayanti, I. (2016). Perbandingan Faktor Risiko Gangguan Pemusatan Perhatian/Hiperaktivitas di Daerah Pedesaan dan Perkotaan. Sari Pediatri, 15(4), 225. https://doi.org/10.14238/sp15.4.2013.225-31

Downloads

Published

2020-07-10

How to Cite

Widodo, A., Rahmatih, A. N., Novitasari, S., & Nursaptini, N. (2020). Analisis Gaya Belajar Siswa ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) di Madrasah Inklusi Lombok Barat . Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 145–154. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4434

Issue

Section

Articles
Loading...