Pengembangan Media Paspop pada Materi SBdP di Sekolah Dasar Kecamatan Jabung

Pengembangan Media Paspop pada Materi SBdP di Sekolah Dasar Kecamatan Jabung

Authors

  • Cicilia Ika Rahayunita Universitas Kanjuruhan Malang
  • Ratih Kartika Werdiningtyas Universitas Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4555

Keywords:

Tematik;, Paspop:, Four D, thematic

Abstract

Abstract: Teachers have difficulty in linking concepts between subjects to a theme, due to the lack of thematic learning media that can help teachers in linking concepts between subjects in SDN Sidorejo 2. Teachers need paspop learning media that can support students in learning to use thematic approaches (Language Indonesia, Natural Sciences and SBdP). The purpose of this study was to develop and analyze the influence of paspop media on SBdP material in class V. The research development of the media uses the four D method (define, design, develop and disseminate). The results of the validation of media experts and material experts were 87.50% and 88% with very decent criteria. Data attractiveness of the media for students scored with a percentage of 91% categorized very well. Student learning outcomes using the media Bapang mask postpop stated that students who completed totaled 28 with a percentage of 87.5%.

Abstrak: Guru kesulitan dalam mengaitkan konsep antar mata pelajaran pada suatu tema, karena kurang tersedianya media pembelajaran tematik yang dapat membantu guru dalam mengaitkan suatu konsep antar mata pelajaran di SDN Sidorejo 2. Guru membutuhkan media pembelajaran paspop yang dapat mendukung siswa dalam belajar menggunakan pendekatan tematik (Bahasa Indonesia, IPA dan SBdP). Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan dan menganalisis pengaruh media paspop pada materi SBdP di kelas V. Penelitian pengembangan media tersebut menggunakan metode four D (define, design, develop dan disseminate). Hasil validasi ahli media dan ahli materi sebesar 87,50% dan 88% dengan kriteria sangat layak. Data kemenarikan media bagi siswa memperoleh nilai dengan persentase 91% berkategori sangat baik. Hasil belajar siswa  dengan menggunakan media paspop topeng Bapang menyatakan bahwa siswa yang tuntas berjumlah 28 dengan persentase 87,5%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alifi, Mohammad Amir, and Mulyani. 2019. “Penerapan Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sbdp Materi Kolase Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.†Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7(4):3249–58.

Emda, Amna. 2018. “Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran.†Lantanida Journal 5(2):172.

Fadhli, Muhibuddin. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar.†Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran 3(1):24–29.

Fatmawati, Agustina. 2016. “Perkembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk SMA Kelas X.†EduSains 15(2):1–23.

Ginita, Sepna, Zulhendri Kamus, and Gusnedi. 2018. “Analisis Validitas, Praktikalitas, Dan Efektivitas Pengembangan Bahan Ajar Terintegrasi Konten Kecerdasan Spiritual Pada Materi Fisika Tentang Vektor Dan Gerak Lurus.†Pillar of Physics Education 11(2):153–60.

Indahsari, Nindya Ayu, Nury Yuniasih, and Prihatin Sulistyowati. 2019. “Analisis Kesesuaian Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Tematik Kelas V Di SD Muslimat NU Kota Malang.†Pp. 49–62 in Seminar Nasional PGS. Vol. 3.

Kamayani, IA Diah, Sumantri, Md, & Sudana, Dw Nym. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Lerning Berbantuan Media Tiga Dimensi Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sd Gugus Ix Kecamatan Buleleng. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1).

Lusiana, Dewi, and Desyandri. 2018. “Pentingnya Perkembangan Bakat Siswa Melalui Seni Rupa Dan Penguasaan Seni Rupa Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.†Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan 8(2):313–20.

Muin, Awaluddin. 2017. “Keterampilan Berbasis Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Seni Budaya Di Sekolah Dasar.†Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI 20(2007):133–35.

Purwatiningsih, Pembimbing I Dra Hj, Tri, M Pd II, & Wahyuningtyas, S Pd. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Paspop Mini Sebagai Peraga Kostum Tari Topeng Malang Skripsi oleh: Debi Budiana Program Studi Pendidikan Seni Tari Dan Musik, Fakultas Sastra Jurusan Seni dan Desain Universitas Negeri Malang.

Sudjana, Nana. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah B., and Abd.Rahman K. Ma’ruf. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Website Untuk Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri.†JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan 18(3):169–85.

Utami, Sarwik. 2018. “Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar.†Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau 7(April):137–48.

Wulandari, Retno Tri. 2017. “Pembelajaran Olah Gerak Dan Tari Sebagai Sarana Ekspresi Dan Apresiasi Seni Bagi Anak Usia Dini.†Jurnal Pendidikan 1–18.

Zubaidi, Ahmad, & Lidyawati, Reky. (2013). Penggunaan Media Pembelajaran Tiga Dimensi Untuk Meningkatkan Hasil belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SDN 1 Alas Tengah Situbondo. Jurnal IKA: Ikatan Alumni PGSD UNARS, 1(1), 1-16.

Downloads

Published

2020-07-10

How to Cite

Rahayunita, C. I., & Werdiningtyas, R. K. . (2020). Pengembangan Media Paspop pada Materi SBdP di Sekolah Dasar Kecamatan Jabung . Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 164–177. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4555

Issue

Section

Articles
Loading...