KAJIAN FAKTOR-FAKTOR PENENTU KEBERHASILAN SMALL BUSINESS

Main Article Content

Endi Sarwoko

Abstract

Usaha Kecil Menengah merupakan sektor usaha yang memiliki peran strategis UKM di Indonesia, karena memberikan kontribusi yang besar terhadap penyerapan tenaga kerja dan PDB. Walaupun demikian namun produktivitasnya jika diukur dengan nilai tambah masih rendah. Penyebabnya diduga adalah faktor kewirausahaan, skala usaha dan sebagian besar UMKM berada pada sektor yang kurang produktif.  Oleh karena itu perlu dikaji faktor apa yang menentukan keberhasilan UKM. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan small business penting untuk diketahui karena masih rendahnya tingkat keberhasilan small business.  Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh karakteristik owner/manager terhadap strategis bisnis, menjelaskan pengaruh strategi bisnis terhadap kinerja bisnis, dan menjelaskan pengaruh karakteristik owner/manager terhadap kinerja bisnis. Penelitian dilakukan pada sampel sebanyak 50 pemilik/pengusaha UKM di wilayah Kabupaten Malang yang diambil dengan metode purposive sampling,. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuesioner, sedangkan analisis data dilakukan dengan Path Analysis. Hasil analisis menunjukkan bahwa karakteristik pemilik/pengusaha pada UKM menjadi faktor dalam penentuan strategi bisnis yang diambil, selanjutnya strategi bisnis akan berpengaruh terhadap keberhasilan usaha. Jadi karakteristik pemilik/pengusaha merupakan faktor penentu keberhasilan usaha baik secara langsung maupun melalui strategi bisnis. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kunci keberhasilan usaha kecil dan menengah lebih banyak ditentukan oleh karakteristik pemilik/pengusaha

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sarwoko, E. (2008). KAJIAN FAKTOR-FAKTOR PENENTU KEBERHASILAN SMALL BUSINESS. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 4(3), 226–239. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JEKO/article/view/233
Section
Articles