PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI ALUMNI DAN BUKAN ALUMNI PESANTREN (Studi pada Kantor Depag Kabupaten Bangkalan)

Main Article Content

Fauzan Fauzan

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh religiusitas terhadap prestasi kerja pegawai alumni dan bukan alumni pesantren yang bekerja di Kantor Departemen Agama Kabupaten Bangkalan, sekaligus untuk mengetahui perbedaan prestasi kerja dan religiusitas antara pegawai alumni dan bukan alumni pesantren yang berkarya di Kantor Departemen Agama Kabupaten Bangkalan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, pengumpulan datanya menggunakan kuisioner pada responden terpilih. Sampel yang diambil adalah pegawai yang alumni dan bukan alumni pesantren. Adapun alat analisisnya, yaitu analisis regresi berganda dan uji beda dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi kerja pegawai alumni dan bukan alumni pesantren yang berkarya di Kandepag Kabupaten Bangkalan. Adapun dimensi yang secara signifikan mempengaruhi Prestasi Kerja Pegawai Kandepag Kabupaten Bangkalan, yaitu, Dimensi Keyakinan (Akidah), Dimensi Pengamalan (Akhlaq), dan Dimensi Pengalaman (Penghayatan). Sedang Dimensi Praktek Agama (Syari’ah) dan Dimensi Pengetahuan Agama (Ilmu) tidak memiliki signifikansi terhadap prestasi kerja. Prestasi kerja santri lebih tinggi daripada Prestasi Kerja non santri, namun perbedaan prestasi kerjanya tidak signifikan. Demikian pula untuk religiusitas,  santri lebih religius daripada yang non santri, tetapi perbedaan religiusitas Pegawai Kandepag Kabupaten Bangkalan antara yang Alumni maupun Bukan Alumni Pesantren tersebut tidak signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Fauzan, F. (2009). PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI ALUMNI DAN BUKAN ALUMNI PESANTREN (Studi pada Kantor Depag Kabupaten Bangkalan). Jurnal Ekonomi Modernisasi, 5(2), 127–154. https://doi.org/10.21067/jem.v5i2.244
Section
Articles