PROFIL STRATEGI PEMASARAN INTERNASIONAL DI ERA GLOBAL

Main Article Content

Moh Munir

Abstract

Memasuki era tahun 2006 sebagai era pemulihan struktur kehidupan ekonomi setelah sekian tahun dilanda krisis ekonomi dan adanya kenaikan BBM.  Namun kenyataan yang ada asumsi pertumbuhan ekonomi sebesar 6 % tampaknya masih terlalu berat. Sumber pendapatan negara dari sektor non pajak masih kecil, kita lebih pas sebagai negara pengimpor dari pada pengekspor. Kita lebih banyak bertindak sebagai tujuan pasar dari pada produsen atau suplier barang. Kenyataan ini tidak bisa kita pungkiri sebagai akibat dari berlakunya pasar global. Kita lebih banyak terlena dan terlalu puas dengan kondisi produk yang dihasilkan, tanpa berpikir panjang bahwa sautu saat nanti ada produk barang yang sama bahkan lebih bagus dengan harga lebih murah. Kondisi inilah yang memaksa kita untuk mereviu kembali strategi pemasaran internasional kita, apakah sudah menyesuaikan dan menjawab tantangan global. Tampaknya masih banyak kebijakan-kebijakan yang harus diambil dalam hal ini terutama bagaimana kita mempunyai daya saing tinggi dengan mempunyai produk unggulan dimasing-masing otonomi daerah. Salah satu bentuk riilnya yaitu dengan menelusuri tiga macam strategic resources . Pertama kita harus membenahi aspek tangible resources yang meliputi : karyawan atau SDM, pelanggan, kapasitas, dana dan produk. Kedua menyangkut tentang intangible resources yang meliputi : ketrampilan karyawan, mutu pelanggan, efisiensi biaya produksi dan mutu produk. Ketiga aspek very intangible resources yang meliputi : moral karywan, reputasi dimata pelanggan dan reputasi dimata investor. Selain cara ini bisa juga dengan model  “Satu Kabupaten Satu Kompetensi Inti” (Saka-Sakti) dimana model ini sejalan dengan kebijakan otonomi daerah, saka yang berarti tiang atau tonggak dan sakti yang berarti keampuhan, kekuatan atau ilmu. Jadi tonggak keampuhan atau tonggak kekuatan andalan yang dimiliki oleh setiap kabupaten di Indonesia guna membangun kompetensi inti agar bisa bersaing di pasar global.

Article Details

How to Cite
Munir, M. (2006). PROFIL STRATEGI PEMASARAN INTERNASIONAL DI ERA GLOBAL. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 1(3), 169-177. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JEKO/article/view/903
Section
Articles