Pengaruh Keragaman Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada TOKO TEGUH Pasar Sumedang Cepokomulyo Kepanjen)

Main Article Content

Ekawati _

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh keragaman produk dan harga terhadap loyalitas pelanggan pada TOKO TEGUH Pasar Sumedang Cepokomulyo Kepanjen. Jenis penelitian ini merupakan explanatory researc. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 pelanggan yang melakukan pembelian di TOKO TEGUH. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling  dan kemudian menggunakan tehnik pengumpulan data  yang dilakukan dengan kueisioner (angket) dan studi pustaka. Variabel Bebas (Independent)  dalam penelitian ini adalah keragaman produk (X1) dan harga (X2), sedangkan variabel terikat (dependent) adalah loyalitas pelanggan (Y). Data yang diperoleh kemudian dilakukan uji validitas dan reliabilitas, dan dilanjutkan dengan teknik analisis data yang dilakukan melalui analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, multikolineritas, dan heteroskedastisitas), uji hipotesis dan uji dominan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keragaman produk sebesar 0,248 dengan tanda positif   dan harga  diperoleh sebesar 0,603 dengan tanda positif, artinya keduanya berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil perhitungan menunjukan bahwa nilai standardized beta variabel harga (X2) sebesar 0.528, sedangkan pada variabel keragaman  (X1) sebesar 0,294. Artinya  variabel harga (X2) dinyatakan sebagai variabel dominan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan (Y)

Article Details

How to Cite
_, E. (2013). Pengaruh Keragaman Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada TOKO TEGUH Pasar Sumedang Cepokomulyo Kepanjen). Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JRMM/article/view/17
Section
Articles