Faktor faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio Sporty

Main Article Content

Akhmad Khumaidi

Abstract

Yamaha sebagai pelopor sepeda motor matik di Indonesia dapat menggusur dominasi Honda dalam angka penjualan dengan produk Yamaha Mio Sporty, telebih adanya perubahan selera konsumen dari sepeda motor bebek ke sepeda motor matik. Mahasiswa Universitas kanjuruhan Malang sebagai bagian dari konsumen pengguna sepeda motor dijadikan sampel penelitian untuk mengetahui perilaku konsumen yang terdiri dari Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi dan Faktor Psikologi yang dapat mempengaruhi keputusan penbelian sepeda motor matik Yamaha Mio Sporty. Penelitian ini menggunakan metode peneltian explanatory reseach  untuk mengetahui hubungan kausal antara variabel bebas dengan variabel terikat, dengan sumber data diperoleh dari 40 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dimana responden adalah pemilik sekaligus pengguna sepeda motor matik merek Yamaha Mio Sporty sebagai sarana transportasi ke kampus melalui pengisian kuisioner. Variabel yang diteliti terdiri dari variabel bebas yaitu faktor budaya (X1),faktor sosial (X2), faktor pribadi (X3), dan faktor psikologi (X4), dan  variabel terikat adalah keputusan pembelian (Y).  Analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji F, uji t, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara perilaku konsumen yang terdiri dari Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi dan Faktor Psikologi terhadap keputusan pembelian sepeda motor matik Yamaha Mio Sporty baik secara partial maupun secara simultan.  Faktor Sosial merupakan faktor yang berpengaruh dominan  terhadap keputusan pembelian sepeda motor matik merek Yamaha Mio Sporty oleh Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang

Article Details

How to Cite
Khumaidi, A. (2013). Faktor faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio Sporty. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 1(1). Retrieved from https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JRMM/article/view/25
Section
Articles