PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TRANSPORTASI ONLINE GRAB DI KOTA MALANG

Main Article Content

Siti Nur Aini
Iva Nurdiana Nurfarida
Candra Wahyu Hidayat

Abstract





Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan teknologi informasi yang berkembang pesat diera yang modern khususnnya dibidang transportasi online. Sebelum adanya perkembangan pada transportasi ojek online, dahulu ojek dikelola secara konvensional, dimiliki oleh perseorangan dan tidak dapat dipesan melalui gadget, akan tetapi dengan berkembangnya zaman masyarakat dapat memesan melalui aplikasi online dan tidak perlu berjalan menuju kepangkalan ojek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakalh penelitian ini berpengaruh terhadap kualiutas pelayanan (X1), harga (X2) dan promosi (X3) terhadap kepuasan pelanggan (Y) transportasi online grab di kota malang. Sampel pada penelitian ini diambil berdasarkan rumus Ferdinan dengan jumlah 108 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Data diambil menggunakan kuesioner yang diukur dengan alat skala likert, penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (X1), harga (X2), promosi (X3) berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan (Y) Grab di Kota Malang. Dan variabel kualitas pelayanan (X1) berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan (Y) Transportasi Grab Online di Kota Malang.






 

Article Details

How to Cite
Nur Aini, S. ., Nurdiana Nurfarida, I., & Wahyu Hidayat, C. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TRANSPORTASI ONLINE GRAB DI KOTA MALANG. Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 9(1). https://doi.org/10.21067/jrmm.v7i1.5397
Section
Articles

References

Kotler, Amstrong, 2008, Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Kesembilan, Jilid 2, Jakarta : PT.Indeks.
_______________, 2012, Marketing Management, New Jersey: Pretice Hall, Inc
Kotler, Keller, 2009, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi ke 13, Erlangga, Jakarta
___________, 2012, Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jakarta: Erlangga.
____________, 2016, Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall.
Tjiptono, Fandy, 2007, Stategi Pemasaran, Edisi Kedua, Yogyakarta: Andi.
______________, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga, ANDI:Yogyakarta.
_____________, 2014, Pemasaran Jasa, Yogyakarta: Penerbit Andi.